blank
ilustrasi. Foto: pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Perut buncit biasanya disebabkan karena penumpukan lemak pada bagian perut. Lemak di bagian perut ini terdiri dari dua macam, yaitu lemak subkutan dan lemak viseral. Lemak subkutan merupakan lemak yang berada di bawah kulit. Lemak ini dapat dicubit dan terlihat.

Memiliki perut yang rata dan tubuh yang langsing tentunya menjadi impian banyak wanita. Namun sebenarnya perut langsing tidak melulu berhubungan dengan masalah penampilan. Justru jika mempertimbangkan dari segi kesehatan, menjaga berat badan dan bentuk tubuh sangat disarankan.

Dilansir daru Suara.com, sebenarnya ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang memiliki perut buncit. Namun, beberapa di antaranya adalah masalah kebiasaan sehari-hari. Bisa dari pola makan atau pola hidup yang sering tidak disadari loh.

Baca Juga: Ini 3 Tips Ampuh Mengatasi Tenggorokan Kering Saat Cuaca Panas

Mengonsumsi makanan olahan jadi salah satu kebiasaan penyebab badan kurus tapi perut buncit. Mengonsumsi makanan olahan berarti Anda tidak mendapatkan cukup vitamin, mineral, fitonutrien, dan serat agar tubuh bisa bekerja dengan baik. Terlalu banyak makanan olahan otomatis membuat lemak di perut akan menumpuk.

Melansir dari Halodoc, terdapat beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan perut buncit. Meskipun perut buncit tidak terlihat berbahaya tapi dalam jangka panjang akan berdampak serius bagi kesehatan. Seperti masalah obesitas dan jantung. Yuk hindari 5 hal ini agar tubuh tetap langsing dan terhindar dari perut buncit.

1. Sering Konsumsi Gorengan

Makanan yang digoreng memang sulit untuk dilewatkan ya? Tapi tahukah kalian bahwa gorengan pada umumnya mengandung kalori, garam, tepung, dan lemak yang tinggi. Ketiganya merupakan pemicu perut membuncit. Wah, meskipun sulit tapi harus coba dikurangi dulu ya?

Baca Juga: Tips Menggoreng Biar Krispi dan Tahan Lama

2. Jarang Minum Air

Faktanya adalah mengonsumsi air yang cukup dapat membantu menjaga berat badan ideal. Selain itu jika tubuh kekurangan cairan maka dapat menyebabkan tubuh dehidrasi. Dehidrasi ini membuat tubuh menurunkan proses membakar lemak untuk energi sehingga perut bisa menjadi buncit.

3. Makan Menjelang Tidur

Meskipun tidur dapat membakar kalori, tetapi tubuh tidak akan melakukannya secara optimal jika dalam kondisi perut penuh saat tidur. Inilah yang memicu perut menjadi buncit. Selain itu kebiasaan tersebut juga dapat memicu penyakit lain seperti GERD dan masalah pencernaan lainnya.

4. Mengunyah Terlalu Cepat

Hal ini berkaitan dengan otak yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk memproses sinyal kenyang. Nah, ketika seseorang makan dengan cepat maka orang tersebut akan cenderung mengonsumsi lebih banyak karena sinyal kenyang belum terkirim. Seseorang mungkin makanan berlebihan daripada yang dibutuhkan tubuh. Inilah yang menyebabkan meningkatnya asupan kalori secara berlebih dan menyebabkan perut membuncit.

Baca Juga: Tips Menghilangkan Bau Tak Sedap Pada Kamar Mandi

5. Begadang

Terjaga di malam hari dapat memicu seseorang untuk makan lebih banyak. Seseorang cenderung lapar ketika tidak segera beristirahat. Hal ini dapat menyebabkan lemak perut bertambah
sehingga menyebabkan perut membuncit.

Itu adalah 5 hal yang sebaiknya dihindari jika menginginkan tubuh yang langsing dan terhindar dari perut buncit. Sudah siap ubah pola hidup sehat dan terapkan 5 kebiasaan tersebut?

Claudia