blank
Bersama warga sekitar jalan rusak, Ganjar berinteraksi tanpa canggung. Foto: hms

BATANG (SUARABARU.ID)– Ruas di Jalan Bandar-Tulis, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, sempat diviralkan seorang warga bernama Soni. Warga Desa Wonokerto ini, mengunggah kondisi ruas jalan yang membentang dari Pantura hingga ke selatan Jawa Tengah itu, di media sosial. Ruas jalan itu merupakan jalan kabupaten.

Kini, Soni yang memviralkan saat kondisi jalan rusak, mengaku senang karena Pemerintah Provinsi Jateng merespon dengan sigap, apa yang menjadi keluhannya. Dia tak menyangka, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, langsung merespon dan menindaklanjuti keluhannya.

”Dari ujung pintu masuk Pantura sampai selatan itu lubangnya banyak sekali. Sempat dinamakan lubang sewu, sampai kemarin videonya viral terus sampai ke Pak Gubernur. Pak Ganjar menyikapi cepat, langsung gerak, sekarang bagus kembali jalannya,” kata Soni usai bertemu dengan Ganjar Pranowo, Rabu (24/5/2023).

BACA JUGA: Gelar Operasi Laut, BNN Gempur Peredaran Narkotika

blank
Ganjar melihat peta perbaikan jalan yang ada di Kabupaten Batang. Foto: hms

Hari itu Ganjar memang meninjau hasil Bantuan Keuangan (Bankeu) tahun anggaran 2022, untuk peningkatan ruas di Jalan Bandar-Tulis. Ruas jalan sepanjang 5,3 Km itu telah dibetonisasi.

Di lokasi, Ganjar sempat menemui Soni. Gubernur Jateng dua periode itu pun menyampaikan apresiasi atas inisiatif yang diambil Soni, untuk menyuarakan dan melaporkan persoalan di desanya.

”Besok lagi, viralin gak apa-apa, kalau aparaturnya diam saja. Sebelumnya, laporkan dulu ke camatnya, atau bupatinya. Kalau nggak bisa, ya ke saya. Ada aplikasi namanya Jalan Cantik, dilaporkan di situ,” kata Ganjar kepada Soni.

BACA JUGA: Taj Yasin Lepas Keberangkatan Calon Haji Kloter Pertama, Jamaah Diingatkan Jaga Gotong Royong

Ketua PP Kagama itu menambahkan, masyarakat harus diedukasi cara pelaporan masalah yang benar. Apalagi di Jateng tersedia platform LaporGub, untuk menampung keluhan masyarakat.

Perbaikan jalan dilakukan dengan kontruksi rigid beton. Pengerjaan dibagi dalam tiga ruas. Ruas pertama dari Polsek Tulis (Pantura) ke arah selatan sepanjang 375 meter. Selanjutnya, sepanjang 3,45 Km membelah Kawasan Industri Batang. Kemudian sisanya 1,22 Km menuju Kecamatan Bandar.

”Maka kawasan industri itu tidak akan bisa berjalan dengan baik, kalau pemerintah daerahnya nggak dukung. Maka peran provinsi, kabupaten harus dukung, agar nanti pertumbuhan ekonominya bagus,” jelasnya.

Adapun total bantuan yang dikucurkan Ganjar untuk jalan itu sebesar Rp 12,6 miliar. Ke depan, diharapkan perbaikan infrastruktur usai pandemi bisa dilaksanakan dengan maksimal.

Riyan