Ilustrasi minuman soda. Foto: Dok/Halodoc

Dampak minuman kemasan yang mengandung alkohol jauh lebih berbahaya dibandingkan dengan soda. Dalam minuman beralkohol, terkandung etanol yang merupakan salah satu senyawa psikoaktif. Etanol akan membuat orang yang meminumnya cenderung mengalami penurunan tingkat kesadaran yang diikuti oleh lemahnya fungsi perasa. Oleh sebab itu, mengkonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah banyak membuat peminumnya tak sadarkan diri atau sering disebut dengan mabuk.

Konsumsi alkohol berlebihan akan mengakibatkan terjadinya kerusakan pada beberapa organ tubuh, terutama fungsi hati atau liver. Hal ini disebabkan karena menebalnya lemak hati yang tidak larut dalam darah yang menjadi pemicu utama seseorang terserang kanker hati.

3. Minuman berenergi
Mengkonsumsi vitamin tak lagi menjadi satu-satunya cara untuk membuat tubuh letih kembali segar dan berenergi. Hadirnya beragam minuman berenergi dengan harga murah berhasil menggeser fungsi penting vitamin untuk kesehatan tubuh. Fenomena ini salah satunya disebabkan karena efek instan yang dirasakan tubuh sesaat setelah meneguk habis minuman berenergi tersebut.

Diketahui bahwa konsumsi minuman berenergi secara berlebih justru akan menimbulkan efek negatif pada tubuh. Meminumnya lebih dari satu kemasan per hari akan membuatmu sulit berkonsentrasi. Konsumsi berlebih juga akan membuat nutrisi yang terserap di tubuh menjadi tidak seimbang.

Lalu, kandungan apa yang membuat minuman berenergi ini berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan? Komposisi gula dan kafein yang terkandung di dalamnya yang menjadi penyebabnya. Ironisnya, keduanya justru menjadi “penghasil energi” yang membuat tubuhmu terasa bersemangat dan bugar sepanjang hari.

4. Pemanis buatan
Minuman kemasan, baik dalam gelas maupun botol sama-sama berbahaya untuk tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Namun, minuman ini cenderung disukai anak-anak, karena memiliki warna dan rasa yang meskipun aneh di lidah, tetapi mampu menimbulkan efek ketagihan.

Padahal, di dalam minuman ini terkandung pemanis buatan yang akan membuat tubuh menyimpan gula berlebih. Konsumsi dalam jumlah banyak akan membuat tubuh rentan akan penyakit diabetes. Adanya pengawet dan pewarna juga buatan bisa memperparah efek negatif yang mungkin timbul. Jika kamu langsung mengalami batuk-batuk dan gatal pada tenggorokan, sebaiknya segera tinggalkan minuman-minuman dalam kemasan ini.

Itulah informasi mengenai kandungan dan dampak minuman kemasan yang perlu kamu cermati. Jika kamu ingin mengetahui berbagai informasi seputar dampak minuman kemasan untuk kesehatan tubuh lainnya, kamu bisa berkonsultasi ke dokter. Semoga bermanfaat!

Ning S