blank
Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Dr A Yuspahruddin melantik dan mengambil sumpah lima orang Notaris Pengganti. Foto: Dok/Kanwil

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah, Dr A Yuspahruddin melantik dan mengambil sumpah lima orang Notaris Pengganti, Selasa (23/5/2023).

Kegiatan tersebut digelar di Aula Kresna Basudewa Kanwil yang berlangsung cukup singkat.

Pelantikan dan pengambilan sumpah terhadap kelima orang tersebut merupakan konsekuensi logis atas diberikannya cuti kepada lima orang Notaris yang digantikan atas dasar Keputusan Majelis Pengawas Daerah Notaris.

Menurut Yuspahruddin, cuti Notaris ini dapat diambil setelah Notaris menjalankan jabatannya selama dua tahun. Dan selama menjalankan cutinya, Notaris wajib menunjuk seorang Notaris Pengganti.

“Kehadiran Notaris Pengganti dalam lembaga kenotariatan sangat membantu notaris-notaris di Indonesia dalam menjalankan kewenangannya sebagai pejabat pembuat akta,” kata Yuspahruddin.

Tidak hanya Notaris saja yang merasa dibantu, tetapi juga masyarakat, karena kegiatan yang berkaitan dengan akta atau hal lainnya tidak terganggu pada saat seorang Notaris berhalangan untuk menjalankan tugas dan kewenangannya.

Yuspahruddin berharap Notaris Pengganti agar patuh pada peraturan perundang-undangan yang ada.

“Disamping undang-undang yang berkenaan dengan jabatan Notaris juga harus mentaati peraturan perundang-undangan lainnya yang berlaku. Kita berharap dalam melaksanakan tugas tidak melanggar aturan. Jangan sampai tugas yang dilaksanakan melanggar peraturan, apalagi melanggar hukum pidana,” ungkapnya.

Ia menegaskan hal tersebut karena masih banyak Notaris yang terseret dalam pemeriksaan Kepolisian sehubungan dengan adanya potensi pelanggaran.

Dirinya mengajak para Notaris untuk melaksanakan tugas dengan amanah dan integritas tinggi, serta memperbanyak literasi dan mempelajari aturan dengan sebaik-baiknya.

Pada kesempatan itu Yuspahruddin juga melantik dan mengambil sumpah seorang Pejabat Penyidik Pegawai Negeri dalam lingkungan Kementerian Dalam Negeri RI dengan Wilayah Kerja Kabupaten Brebes.

Hadir dalam kegiatan Kepala Divisi Administrasi, Hajrianor serta keluarga dari peserta yang dilantik.

Ning S