blank
Pimpinan Barongan 'Simo Langen Budoyo', Banjarejo, Jamin bersama barongannya, di Banjarejo RT. 010 RW. 003 Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora. Selasa, 23 Mei 2023. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Seni Barongan di wilayah Kabupaten Blora menjadi hiburan paling meriah yang sangat digemari semua kalangan dari anak – anak, remaja dewasa hingga orang tua,  dalam acara gasdeso, hajatan dan karnaval bahkan festival.

Ada grup Barongan ‘Simo Langen Budoyo’  Banjarejo RT. 010 RW. 003 Kecamatan Banjarejo, Kabupaten Blora Jawa Tengah sudah turun-temurun dari pendahulunya yakni  Almarhum Subiyanto panggilan akrab Mbah To Banjarejo.

Saat ini, Pimpinan Barongan ‘Simo Langen Budoyo’, Banjarejo, Jamin,  menjelaskan bahwa barongan ini tampil didalam kota Blora hampir 20 tahun, bahkan beberapa waktu lalu juga  tampil di Taman Mini Indonesia Indah (TMII)  Jakarta, sebagai duta seni budaya dari Kabupaten Blora pada anjungan Provinsi Jawa Tengah.

“Barongan kami menyajikan hiburan yang ada alur ceritane-eh mas, babat barongan mBlora, penontone mbludak,” ucap Jamin dengan nada logat mBlora  kepada awak media ini. Selasa, (23/5/2023).