blank
Ganjar bersama Menhub Budi Karya Sumadi, saat memencet tombol, tanda dimulainya ground breaking pembangunan Terminal Bus Tipe A, di Kabupaten Purworejo. Foto: hms

PURWOREJO (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendampingi Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, melakukan ground-breaking pembangunan Terminal Bus Tipe A, di Kabupaten Purworejo, Minggu (21/5/2023).

Ganjar berharap, terminal yang baru ini dapat membuat masyarakat Purworejo bahagia dan meningkatkan ekonomi. Terminal baru lokasinya ada di Jalan Gajah Mada, Kecamatan Banyuurip, atau di depan Mapolres Purworejo. Lokasinya berjarak sekitar satu kilometer dari bangunan terminal lama, yang aset lahannya dimiliki desa.

”Ini terminal nanti fungsinya akan digandakan. Mungkin space tidak terlalu luas, tapi secara fungsional akan lebih maksimal. Kesempatan untuk pemkab bisa mengoptimalkan,” kata Ganjar dalam sambutannya.

BACA JUGA: SCU Gelar Mini Concert Menuju ‘Keuskupan Agung Semarang Youth Day 2023’

Disampaikan juga, pembangunan Terminal Bus Tipe A Purworejo yang baru ini, diharapkan dapat membantu mobilitas warga, khususnya di sekitar Purworejo. Sehingga perekonomian bisa menggeliat.

Selain itu, Ganjar juga menyinggung rencana aktivasi Stasiun Purworejo, yang berhenti beroperasi pada 2010 silam. Dia berharap, reaktivasi itu menjadi titik balik penataan transportasi di wilayah Purworejo.

”Reaktivasi stasiun itu menarik. Heritage-nya bagus, penataannya akan jauh lebih bagus, tidak hanya untuk penataan sistem transportasi, tapi kita ada public space yang bisa dimanfaatkan masyarakat,” imbuhnya.

BACA JUGA: Teater Tuman Jepara akan Gelar Pentas Teater dengan Lakon ‘Winara’

blank
Ganjar juga berencana akan mereaktivasi kembali Stasiun Kereta Api Purworejo, yang berhenti beroperasi pada 2010 silam. Foto: hms

Terminal ini nantinya akan dikembangkan menjadi terminal terpadu, dengan basis Transit Priented Development (TOD). Terminal terpadu ini juga dapat berfungsi sebagai perkantoran, pusat bisnis, pusat perbelanjaan dan aktivitas penunjang ekonomi lainnya.

Selain itu juga, akan ada area hall seluas 400 meter persegi, yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan.

Sementara itu, Menhub Budi Karya Sumadi menuturkan, pembangunan Terminal Bus Tipe A Purworejo ini, semata-mata menterjemahkan arahan Presiden RI, Joko Widodo, untuk membangkitkan angkutan massal.

BACA JUGA: Harga Telur Ayam di Kudus Tembus Rp 31 Ribu/Kg

”Desember ini jadi, Insya Allah. Supaya masyarakat lebih senang. Kini terminal baru ada di Makassar, Palembang dan Purworejo,” kata Menteri alumni Universitas Gadjah Mada itu.

Pembangunan terminal baru ini, akan menghabiskan anggaran hingga Rp 35 miliar. Kemenhub menargetkan, Terminal Bus Tipe A di Kabupaten Purworejo ini akan selesai pada akhir 2023.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal, Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, anggota Komisi V DPR RI Sujadi, Bupati Agus Bastian, dan Forkopimda Purworejo.

Riyan