blank
Pementasan Tetaer Tuman "Winara".

JEPARA (SUARABARU.ID)– Teater Tuman Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara akan menggelar pentas teater dengan judul ‘Winara’. Salah satu teater yang dibina oleh PC Lesbumi NU Jepara ini akan bekerjasama dengan Lesbumi MWC NU Kecamatan Tahunan.

Menurut Fahmi Bazuri, anggota Teater Tuman yang juga pengurus Lesbumi NU Jepara, saat berdiskusi dengan Lesbumi MWCNU Tahunan mengatakan, pentas teater yang rencananya akan digelar di Gedung MWCNU Tahunan pada Jumat, 26 Mei mendatang ini merupakan pementasan dan produksi Teater Tuman yang ke-18.

“Kami mencoba memotret kondisi sosial kemasyarakatan di Jepara saat ini dengan mengangkat lakon Winara”, ujar Bazuri, panggilan akrabnya.

“Winara adalah seorang anak buruh pabrik yang lahir hasil dari hubungan di luar nikah. Sang bapak seorang pengangguran yang terjebak dalam judi online. Sehingga yang bekerja memberi nafkah adalah si ibu”, terang Bazuri saat menyampaikan sinopsisnya.

“Menjadi buruh pabrik bagi Yanti (ibunya Winara) gajinya belum mampu untuk memenuhi biaya hidup kebutuhan keluarganya. Hingga akhirnya ia mau menerima tawaran pekerjaan tambahan dari atasannya di pabrik”, lanjut Bazuri.

Lebih lanjut Bazuri mengatakan, Yanti mencapai kegelisahan dan kebuntuan dalam hidupnya, hingga dirinya ingin berpisah dengan suaminya. Masih menurut Bazuri, pementasan teater besok ini telah melewati beberapa riset.

Meskipun ada beberapa improvisasi dalam pementasan tater. Namun pesan yang ingin kami sampaikan terkait lakon Winara harus benar-benar sampai kepada penonton.

ua