blank
Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Kabupaten Wonogiri, Haryanto (kiri) depan, menyerahkan tropi kejuaraan kepada tim Pracimantoro yang memenangi gelar juara umum dalam turnamen voli Go Nyawiji Cup-2023.(Dok.Ist)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Tim bola voli Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, meraih gelar juara pertama dalam turnamen voli Go Nyawiji Cup-2023. Gelar juara paling bergengsi di tingkat Kabupaten Wonogiri ini, diraih setelah di partai final, Pracimantoro mengalahkan Tim Bola Voli Kecamatan Selogiri.

Partai final digelar Minggu malam (21/5), di Gedung Olahraga (GOR) Giri Mandala, Wonogiri. Tim bola voli Kecamatan Pracimantoro membukukan kemenangan dengan skor 3-0. Atas prestasinya ini, Pracimantoro memboyong tropi gelar juara umum, dan hadiah uang pembinaan Rp 5 juta.

Tim voli Kecamatan Selogiri, bertengger di peringkat dua dengan mendapatkan uang pembinaan Rp 3,5 juta. Kemudian Kecamatan Baturetno dan Kecamatan Wuryantoro yang meraih juara III dan IV, masing-masing mendapatkan hadiah uang pembinaan Rp 2 juta dan Rp 1 juta.

Penobatan gelar dan penyerahan tropi kejuaraan serta uang pembinaan, dilakukan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Kabupaten Wonogiri, Haryanto. Ikut hadir, Anggota DPRD Wonogiri Bambang ‘Kingkong’ Sadriyanto dan Camat Pracimantoro, Warsito, beserta pejabat terkait dan para tokoh pembina olahraga utamanya pembina cabang bola voli di Kabupaten Wonogiri.

Pracimantoro, menjadi tim voli yang tidak terkalahkan, karena diperkuat oleh pemain dari Klub Prayoga. Tim asuhan pelatih Mamang ini, selama ini dikenal banyak memiliki atlet handal, seperti Iwan Narso misalnya, yang berhasil lolos seleksi rekrutmen pemain Pertamina di event Liga tingkat nasional.

Papua

Anak asuhan Pelatih Mamang yang lain, yakni Giovani, pada PON Ke-XX Tahun 2021 Papua lalu, berhasil megantarkan tim tuan rumah bertengger di peringkat tiga pada event bergengsi olahraga multi cabang tingkat nasional di Tanah Air tersebut. Di luar itu, anak-anak Prayoga juga berulangkali mempersembahkan gelar juara voli pelajar di tingkat provinsi maupun nasional.

Saat bertanding di partai final turnamen Voli Go Nyawiji Cup-2023, Tim Pracimantoro diperkuat pemain Prayoga seperti Febri, Fian dan Dimas. Tampil sebagai tosser atau set-upper, Dimas mampu bermain gemilang. Umpan-umpannya kepada spiker dilakukan dengan akurat, sebelum diselesaikannya melalui pukulan dahsyat yang tajam untuk menghasilkan skor.

Tim voli Kecamatan Selogiri, sebenarnya juga diperkuat dengan Imam, yang dikenal sebagai pemain handal di tim pelajar tingkat nasional. Tapi, pemain Proliga yunior tersebut bersama rekan-rekannya, tak kuasa mengimbangi kiprah kedigdayaannya para pemain Pracimantoro.

Turnamen Voli Go Nyawiji 2023, sebelumnya diawali dengan pertandingan secara berjenjang. Mulai dari tingkat desa/kelurahan se Kabupaten Wonogir. Kemudian dilanjutkan dengan pertandingan di tingkat kecamatan. Sebelum kemudian jago dari 25 kecamatan se Kabupaten Wonogiri bertanding di level kabupaten.  

Bambang Pur