blank
Ilustrasi mangga muda. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Mangga muda mengandung niacin atau vitamin B3 yang bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Niacin bisa meningkatkan tingkat kolesterol darah dan menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, serta serangan jantung. Konsumsi mangga muda bisa menurunkan efek dari sengatan sinar matahari dan mencegah dehidrasi.

Penelitian menunjukkan bahwa mangga mentah membantu mengelola gangguan darah yang umum seperti anemia, pembekuan darah, hemofilia, dan lainnya. Kandungan vitamin C dalam mangga muda bisa meningkatkan elastisitas pembuluh darah dan juga membantu memproduksi sel darah baru.

Selain dapat dikonsumsi saat matang, mangga juga biasa dijadikan buah yang menyegarkan saat masih muda. Mangga muda cocok dikonsumsi saat cuaca panas atau dijadikan rujak buah bersama buah-buahan lainnya. Rasa asam dari mangga muda setara dengan vitamin C yang terkandung dalam 35 buah apel.

Baca Juga: Dapat Membantu Menurunkan Tekanan Darah, Ini 6 Manfaat Buah Melon bagi Kesehatan Tubuh

Selain rasanya yang menyegarkan, mangga muda ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho.

Mulai dari ampuh mengatasi sembelit sampai baik untuk kesehatan hati. Melansir dari laman Suara.com, ada beberapa manfaat dari mangga muda yang perlu kamu ketahui. Berikut ini penjelasannya.

1. Mengatasi Sembelit

Selain mengandung vitamin C yang tinggi, mangga muda juga kaya akan serat yang diperlukan tubuh untuk melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, mangga muda juga mengandung zat pektin yang bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi masalah pencernaan.

Baca Juga: Baik untuk Ibu Hamil, Ini dia 5 Manfaat Kacang Almond yang Kaya Protein

2. Baik untuk Diet

Mangga muda mengandung gula yang sangat rendah. Oleh karena itu, buah ini cocok dikonsumsi orang-orang yang sedang menjalani program diet. Berbeda dengan kandungan gula alami yang terdapat dalam buah mangga yang telah matang, mangga muda sangat direkomendasikan untuk membantu menurukan berat badan.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin C berperan penting dalam meningkatkan pertahanan tubuh. Vitamin C membantu tubuh memproduksi sel darah putih untuk melawan segala penyakit. Tak hanya itu, vitamin C yang terdapat dalam mangga muda juga dapat membantu membuat sel-sel tubuh bekerja lebih aktif untuk meningkatkan imunitas.

4. Mencukupi Kebutuhan Vitamin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mangga muda mengandung vitamin C yang tinggi. Vitamin C diperlukan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas, mencegah sariawan, dan baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, dalam mangga muda juga terkandung vitamin A dan asam amino yang bermanfaat untuk menjinakkan lambung yang bergemuruh.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari mangga muda yang perlu kamu ketahui. Meskipun kaya akan manfaat, mangga muda juga sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Beberapa gejala yang bisa terjadi akibat kebanyakan mangga muda seperti sakit perut, diare hingga asam lambung.

Claudia