blank
ilustrasi buah melon yang kaya manfat. Foto: Pexels

SEMARNG (SUARABARU.ID)- Melon merupakan nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkannya yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian yang dimakan adalah daging buah.

Melon adalah salah satu buah paling populer dan paling banyak diminati oleh konsumen. Tak hanya dimakan secara langsung, buah ini juga sering dijadikan sebagai bahan rujak dan campuran es buah.

Melon memiliki manfaat penting bagi kesehatan. Zat-zat gizi yang dikandungnya sangat baik untuk kulit, mata, saraf, ginjal, serta mampu menjadi penangkal kanker. Kadar vitamin C (asam askorbat) per 100 g sekitar 34 mg. Vitamin C ini dapat diandalkan sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas.

Baca Juga: Baik untuk Ibu Hamil, Ini dia 5 Manfaat Kacang Almond yang Kaya Protein

Melon termasuk jenis buah yang sering dikonsumsi sebagai makanan selingan atau penutup. Kebanyakan orang biasanya menyukai buah ini karena rasanya yang manis dan segar

Selain memiliki rasa yang nikmat, buah ini juga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari hellosehat.com berikut adalah 6 manfaat buah melon bagi kesehatan tubuh.

1. Melancarkan sistem pencernaan

Salah satu manfaat buah melon bagi kesehatan adalah untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Manfaat tersebut berasal dari kandungan air dan serat dalam buah ini.

Baca Juga: Ini Manfaat Wedang Uwuh, Minuman Tradisional Kaya Rempah dan Menyehatkan

2. Baik untuk ibu hamil

Bagi ibu hamil, mengkonsumsi melon akan memberikan manfaat baik bagi ibu dan janin selama masa kehamilan. Melon mengandung kalium yang membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung.

Selain itu, terkandung juga vitamin C dan vitamin B6 yang mana kandungan tersebut berperan penting dalam menjaga kekebalan tubuh ibu hamil dan membantu mendukung pertumbuhan tulang belakang janin.

3. Membantu menurunkan tekanan darah

Manfaat selanjutnya dari mengkonsumsi buah melon adalah khasiatnya dalam menurunkan tekanan darah. Manfaat ini diperoleh berkat adanya kandungan kalium dalam buah ini yang bisa menyeimbangkan volume darah, sehingga tekanan darah dapat menurun.

Baca Juga: Dapat Menyembuhkan Luka, Ini 5 Manfaat Madu Hutan bagi Kesehatan

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C dalam buah melon mampu melindungi jaringan tubuh dari kerusakan akibat melawan kuman. Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk mempercepat perpindahan sel-sel imun ke area infeksi dan merangsang sel tertentu melawan bakteri.

5. Mencerahkan kulit

Diketahui bahwa mengkonsumsi melon setiap hari dapat membantu mencerahkan kulit secara alami. Manfaat ini berasal dari kandungan vitamin C yang berperan penting dalam pembentukan kolagen. Tak hanya itu, vitamin C dalam buah ini juga berperan sebagai antioksidan kuat yang mampu melindungi kulit dari sinar matahari dan paparan radikal bebas.

6. Meningkatkan kualitas tidur

Tak banyak orang yang tahu akan manfaat buah melon yang satu ini. Diketahui bahwa melon mengandung vitamin B6 yang mampu merangsang pembentukan serotonin. Serotonin merupakan zat kimia pada otak yang memiliki fungsi untuk membuat mood menjadi stabil, menimbulkan rasa bahagia, serta membuat tidur lebih nyenyak.

Nah, itulah 6 manfaat buah melon bagi kesehatan, semoga bermanfaat.