blank
Ilustrasi madu. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Madu merupakan bahan alami yang memiliki rasa manis yang dihasilkan oleh lebah, baik itu dari nektar atau sari bunga atau cairan yang berasal dari bagian-bagian tanaman hidup.

Sejak dulu, madu hutan sering dijadikan sebagai bahan pengobatan tradisional karena diyakini memberikan lebih banyak manfaat kesehatan dibandingkan dengan jenis madu lainnya.

Penelitian menunjukkan bahwa madu hutan bisa digunakan sebagai penyembuh luka karena sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidannya. Selain itu, madu bersifat asam yang membantu melepaskan oksigen dari luka dan mempercepat penyembuhan luka.

Baca Juga: Tips Memadukan Pilihan Warna Ketika AKan Pergi Ke Pesta

Madu diklaim sebagai pemanis alami yang menyehatkan, bahkan lebih baik daripada gula yang dikonsumsi setiap harinya. Sejumlah peneliti menemukan kalau mengkonsumsi madu secukupnya dapat meningkatkan kadar adiponektin di dalam tubuh, yaitu hormon yang mengurangi peradangan dan dapat menurunkan kadar gula darah.

Melansir dari laman Realfood, berikut ini manfaat madu hutan untuk kesehatan kulit wajah, yang salah satunya mampu mempercepat penyembuhan luka.

1. Mempercepat penyembuhan luka

Salah satu manfaat madu hutan untuk kesehatan tubuh yang pertama adalah dapat mempercepat penyembuhan luka. Hal tersebut karena madu memiliki kandungan antioksidan dan antibakteri yang tinggi.

Tidak hanya itu, madu juga memiliki sifat asam yang dapat membantu melepaskan oksigen dari luka sehingga dapat mempercepat penyembuhan luka pada tubuh.

Baca Juga: Dapat Mencegah Asam Lambung saat Berpuasa, Ini 4 Manfaat Madu

2. Meredakan batuk dan pilek

Madu hutan dipercaya cukup efektif dalam meredakan batuk dan pilek terutama untuk anak-anak. Oleh sebab itu, banyak sekali produk obat batuk di luaran sana yang menjadikan madu sebagai bahan dasar utamanya.

Madu juga memiliki kandungan yang dapat menambah energi untuk anak. Namun, perlu dipastikan untuk tidak memberikan madu hutan pada anak di bawah usia satu tahun.

3. Mengurangi diare

Manfaat madu hutan untuk kesehatan tubuh berikutnya adalah dapat mengurangi diare karena memiliki efek menenangkan terutama pada sistem pencernaan.

Bagi yang ingin mendapatkan manfaat tersebut, cobalah untuk meminum satu sendok teh madu hutan untuk mengatasi masalah diare yang terjadi karena ketidakseimbangan mikroflora di sistem pencernaan.

Baca Juga: Jadi Kombinasi Yang Pas! Yuk Simak 5 Manfaat Madu dan Kurma yang Baik bagi Tubuh

4. Alternatif penderita diabetes

Bagi penderita diabetes yang tidak dapat mengkonsumsi gula, dapat menjadikan madu hutan sebagai alternatif perasa manis yang lebih sehat.

Tentunya madu hutan memiliki kandungan antioksidan, vitamin, mineral serta gula yang jauh lebih sehat dibandingkan dengan gula putih biasa.

5. Melindungi kulit dari sinar UV

Manfaat mengkonsumsi madu hutan bagi kesehatan tubuh berikutnya adalah mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat mendatangkan masalah kulit lainnya.

Kandungan flavonoid tinggi dalam madu hutan memiliki peran melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Oleh karena itu, mengkonsumsi madu hutan secara rutin dapat membantu kinerja sunscreen yang diaplikasikan pada tubuh.

Demikian ulasan mengenai 5 manfaat madu hutan yang memiliki banyak kandungan baik sehingga mampu mempercepat proses penyembuhan luka pada tubuh.

Claudia