blank
Kapal Tug Assist Kartini I Resmi Beroperasi, Tingkatkan Efisiensi Proses Bongkar Muat Batu Bara di Pelabuhan PLTU Tanjung Jati B

JEPARA ( SUARABARU.ID) – PLN Tanjung Jati B dan anak perusahaan PT Adhi Guna Putera (AGP) telah meresmikan kapal baru mereka, Kapal Tug Assist AGP Kartini I, pada hari Kamis, 11 Mei 2023.

Kapal ini merupakan kapal yang difungsikan untuk membantu proses bongkar muat batu bara di wilayah perairan PLTU Tanjung Jati B, yaitu untuk melakukan pemanduan kapal vessel batu bara agar dapat merapat pada jetty PLTU Tanjung Jati B.

Peresmian kapal ini dilakukan oleh Direktur Legal dan Manajemen Human Capital PLN, Yusuf Didi Setiarto. Acara peresmian kapal ini diselenggarakan di gedung Energo PLN UIK Tanjung Jati B, yang dihadiri oleh berbagai pihak terkait, antara lain EVP Human Talenta Development, segenap jajaran pimpinan dan manajemen PLN Corporate University PLN IP, PLN NP, DP PLN, PT BAG, PT AGP, dan PLN UIK Tanjung Jati B serta tamu undangan lainnya.

Direktur Legal dan Manajemen Human Capital PLN, Yusuf Didi Setiarto, menyambut baik diresmikannya kapal ini. Yusuf juga memberikan apresiasi dan semangat PLN incorporated kepada seluruh hadirin.

blank
Kapal Tug Assist Kartini I Resmi Beroperasi, Tingkatkan Efisiensi Proses Bongkar Muat Batu Bara di Pelabuhan PLTU Tanjung Jati B

“Hari ini kita ada kapal Kartini 1, nanti Kartini 2, Kartini 11 dan seterusnya, itu adalah dalam rangka perancangan kita dalam rangka menambah otot kita dari BAG dan AGP untuk nanti ekspansi keluar.” Hari ini bukti bahwa kita bisa. Kita sebagai sebagai PLN bisa.” Tutur Yusuf.

Direktur Utama PT Adhi Guna Putera, Denny Pranoto, memberikan keterangan bahwa PT AGP telah menerbitkan RDPT untuk 10 tahun.

“Sudah kami gunakan untuk kapal Tug Kartini I dan kapal towing yang saat ini ada di Awar-awar. Dalam 6 tahun nanti kami rencana kan membeli 2 lagi. “ Ringkas Denny.

Pada puncak acara peresmian dilakukan simbolis penarikan tuas sirine dan penyerahan miniatur kapal AGP Kartini I dari Direktur Utama DP PLN Antonius RT Artono kepada General Manager PLN UIK Tanjung Jati B, Hari Cahyono, disaksikan oleh Direktur LHC dan Dirut DP PLN.

Kapal Tug Assist Kartini I memiliki panjang 27,40 meter, lebar 9 meter, dan tinggi 4,12 meter dengan daya angkut sebesar 75 ton. Dengan kapasitas ini, kapal Tug Assist Kartini I mampu membantu dalam proses bongkar muat batu bara di pelabuhan PLTU Tanjung Jati B menjadi lebih efisien.

Kapal ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern seperti GPS, Radar, VHF Radio, komunikasi satelit, dan juga type Z piller yang mempunyai olah gerak yang terbaik dalam assist Tug order.

Berbagai kecanggihan ini memungkinkan kapal untuk melacak dan berkomunikasi dengan aman dalam perjalanan dan bongkar muat batu bara.

Dengan adanya kapal baru ini, diharapkan dapat membantu mempercepat dan meningkatkan produktivitas bongkar muat batu bara di Pelabuhan PLTU Tanjung Jati B, serta memberikan kontribusi positif dalam upaya mencapai target penggunaan energi bersih dan ramah lingkungan di Indonesia.

Hadepe