blank
Ilustrasi sarang madu yang kaya manfaat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Madu merupakan salah satu makanan manis dan kental yang dibuat oleh lebah madu dan beberapa serangga lain. Lebah menghasilkan madu dari pengeluaran hasil gula tumbuhan atau dari serangga lain. Madu terbentuk melalui regurgitasi, aktivitas enzimatik, dan penguapan air.

Madu memang terkenal akan manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Di dalam madu terkandung gula dan nilai gizi yang tinggi seperti mineral, polifenol, vitamin, asam amino, karotenoid, enzim asam organik, dan senyawa lain. Karena manfaatnya, madu sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin tentunya dengan takaran yang pas.

Dilansir dari Suara.com, salah satu waktu terbaik untuk mngonsumsi madu adalah saat sahur. Kandungan gizi dalam madu yang lengkap dapat mencukupi kebutuhan nutrisi harian selama berpuasa.

Baca Juga: Jadi Kombinasi Yang Pas! Yuk Simak 5 Manfaat Madu dan Kurma yang Baik bagi Tubuh

Tentu saja ini bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap fit sehingga puasa akan tetap lancar. Berikut ini manfaat mengonsumsi madu saat sahur berdasarkan lansiran dari laman yankes.kemkes.go.id.

1. Sebagai Sumber Energi

Mengonsumsi madu saat sahur sebanyak 1-2 sendok dapat membuat tubuh tetap bertenaga meskipun seharian berpuasa. Di dalam madu terkandung sekitar 17 gram karbohidrat.

Madu mengandung gula alami sepert sukrosa, maltosa, glukosa, dan fruktosa yang berguna untuk menyuplai energi dalam tubuh. Kandungan gula yang tinggi ini bermanfaat sebagai sumber energi sebagai sumber tenaga untuk melakukan aktivitas.

2. Mencegah Asam Lambung

Buat penderita asam lambung, mengonsumsi madu saat sahur sangat direkomendasikan. Saat puasa, asam lambung dalam tubuh biasanya akan meningkat. Untuk mengantisipasi hal ini sebaiknya konsumsi sekitar satu sendok madu setiap sahur.

Baca Juga: Dapat Mengatasi Asam Lambung, 4 Manfaat Campuran Teh dan Madu Yang Wajib Diketahui

Selain itu, madu juga efektif untuk menurunkan asam lambung dan menjaga kerongkongan. Mengonsumsi madu juga menjadi pilihan yang baik untuk pengganti gula.

3. Meningkatkan Sistem Imun

Madu bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam madu mampu menangkal radikal bebas sehingga mencegah tubuh terserang penyakit.

Saat puasa tubuh biasanya akan rentan mengalami penyakit seperti flu dan pilek. Untuk mencegah hal ini, konsumsi madu secara rutin saat sahur.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Dalam penelitian yang diterbitkan oleh BMC Complementary and Alternative Medicine, madu memiliki kemampuan untuk meningkatkan microflora dalam usus. Microflora ini sangat berguna untuk melancarkan sistem pencernaan agar terhindar dari masalah seperti sembelit. Madu mengandung polifenol yang memberikan manfaat untuk memberikan manfaat untuk bakteri baik dalam usus.

Nah, itu dia 4 manfaat mengonsumsi madu saat sahur untuk kesehatan. Madu yang dianjurkan untuk dikonsumsi adalah madu murni.

Claudia