blank
Ilustrasi kacang almond. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kacang almond merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang banyak ditemukan di Indonesia. Kacang almond biasanya diolah dengan cara dipanggang maupun dijadikan berbagai olahan makanan dan campuran minuman. Rasa kacang almond yang enak dan gurih banyak disukai semua kalangan mulai dari anak-anak sampai orang tua.

Almond yang kaya akan antioksidan serta asam folat mampu mencegah terjadinya cacat lahir pada janin. Almond juga memiliki kandungan zat besi tinggi yang berfungsi sebagai sumber asupan besi pada masa kehamilan.

Almond, jika dikonsumsi di pagi hari, dapat meningkatkan daya ingat, memperbaiki pencernaan, mengurangi kolesterol karena kaya akan protein, vitamin E, dan magnesium.

Baca Juga: Dapat mencegah Kram Perut, Ini 5 Manfaat Mengonsumsi Kacang Mete Bagi Ibu Hamil

Selain itu, almond yang direndam lebih baik karena kulitnya mengandung tanin yang menghambat penyerapan nutrisi. Jumlah yang disarankan untuk mendapatkan manfaat kacang almond untuk ibu hamil adalah sebanyak 28-30 gram atau sebanyak 23 biji almond setiap harinya.

Kacang almond cocok dijadikan camilan sehat karena kandungannya yang kaya akan manfaat. Kacang almond juga direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Melansir dari laman SehatQ, ada beberapa manfaat kacang almond untuk ibu hamil yang jarang diketahui.

1. Kaya akan Nutrisi

Kacang almond mengandung banyak nutrisi yang diperlukan untuk ibu hamil dan perkembangan janin. Kacang almond mengandung serat, protein, karbohidrat, dan vitamin yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian ibu hamil dan janin. Kacang almond dapat membantu perkembangan otak janin dan menjaga kesehatan ibu hamil.

Baca Juga: Dapat Mengatasi Mata Panda, Ini 3 Manfaat Kacang Kenari bagi Kesehatan Kulit

2. Baik untuk Metabolisme Janin

Kacang almond memiliki kemampuan untuk mengatasi dan mencegah gangguan metabolisme pada janin. Risiko gangguan metabolisme pada janin bisa saja meningkat saat ibu hamil mengalami kelebihan berat badan atau obesitas.

Kandungan lemak sehat, karbohidrat dan magnesium merupakan kombinasi yang baik untuk membantu mencegah gangguan sistem metabolisme pada janin.

3. Menambah Stamina

Merasa lemas dan kurang bertenaga biasanya umum terjadi pada ibu hamil dalam setiap fase kehamilan. Oleh karena itu, mengonsumsi kacang almond sangat direkomendasikan karena kemampuannya untuk menambah stamina.

Protein yang terdapat dalam kacang almond berperan penting dalam pembentukan enegri dalam tubuh. Dengan begitu, ibu hamil akan tetap bertenaga.

Baca Juga: Kacang Almond Jadi Salah Satu Makanan yang Tinggi Kalsium, Yuk Simak 5 Makanan Lainnya…

4. Mencegah Kenaikan Berat Badan

Salah satu manfaat kacang almond adalah dapat mencegah ibu hamil mengalami kenaikan berat badan saat maupun setelah kehamilan. Kacang almond memiliki kemampuan untuk menurukan hormon pemicu rasa lapar.

Protein yang tinggi dalam kacang almond juga bermanfaat untuk membuat ibu hamil merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, nafsu makan akan tetap terkontrol dan terhindar dari kenaikan berat badan.

Nah, itu dia beberapa manfaat kacang almond untuk ibu hamil yang jarang diketahui. Meskipun kaya akan manfaat, mengonsumsi kacang almond secara berlebihan juga tidak direkomendasikan.

Claudia