blank
Ilustrasi kacang mete yang kaya manfaat bagi ibu hamil. Foto: pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kacang mete juga biasa disebut kacang mede atau kacang mente. Kacang mete sebenarnya bukanlah kacang, melainkan biji dari buah jambu mete. Buah jambu mete yang juga dikenal sebagai jambu monyet yang memiliki nama Latin Anacardium occidentale.

Kacang mete kaya akan protein, kalsium, fosfor, magnesium, dan vitamin K. Nutrisi ini meningkatkan kesehatan tulang dan otot. Bagus untuk kesehatan kulit dan rambut, vitamin B, vitamin E, protein, dan antioksidan kacang mete menutrisi kulit dan rambut Anda dari dalam.

Kacang mete dapat disajikan dalam bentuk kacang mete panggang maupun diolah menjadi berbagai camilan lezat. Selain itu, kacang mete juga cocok dikonsumsi sebagai camilan sehat untuk orang-orang yang sedang menjalani program diet.

Kacang mete sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena manfaatnya yang cukup banyak. Melansir dari laman Hello Sehat, ada beberapa manfaat mengonsumsi kacang mete untuk ibu hamil. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Sumber Energi

Salah satu manfaat kacang mete untuk ibu hamil adalah sebagai sumber energi. Pada masa kehamilan, ibu hamil akan sering merasa lelah, lebih emosional dan sensitif karena pengaruh hormon.

Nah, kacang mete ini sangat cocok dijadikan camilan sehat untuk ibu hamil karena dapat menambah energi. Kacang mete merupakan sumber karbohidrat kompleks dan sumber protein yang dapat memberikan tenaga dan nutrisi bagi ibu hamil.

2. Memaksimalkan Fungsi Tubuh

Dalam kacang mete trkandung fosfor yang sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Fosfor sendiri merupakan zat selain kalsium yang terdapat dalam tulang dan gigi. Mengonsumsi kacang mete dapat membantu pergerakan otot, memperbaiki sel, menjaga sel saraf, dan mencegah pembekuan darah.

3. Mengontrol Gula Darah

Kacang mete mengandung folat yang berperan penting dalam menjaga kadar gula darah agar tetap seimbang. Asam folat sendiri bekerja dengan cara memecah dan membuat protein penyusun sel tubuh.

Bahkan, mengonsumsi kacang mete dalam jumlah yang pas bagi ibu hamil dapat membantu mencegah anak lahir prematur dan diabetes gestasional.

4. Mencegah Kram

Masalah kehamilan yang umum dialami oleh ibu hamil adalah kram perut. Untuk mengatasi kram, ibu hamil dapat mengonsumsi kacang mete sebagai camilan. Hal ini dikarenakan, dalam kacang mete terdapat kalium yang sangat baik untuk mengatasi kontraksi otot pada ibu hamil.

Selain itu, mineral ini juga dapat membantu menjaga elektrolit dan cairan dalam tubuh agar tetap seimbang.

Nah, itu dia beberapa manfaat kacang mete untuk ibu hamil. Meskipun memiliki banyak manfaat, mengonsumsi kacang mete dalam jumlah yang berlebihan juga sangat tidak disarankan.

Claudia