blank
Ilusrasi kacang kenari yang dapat menghilangkan mata panda. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Demi mendapatkan kulit yang sehat adalah dengan menjaga asupan tubuh yang mana hal ini tentu berpengaruh terhadap kulit. Kemudian, salah satu makanan yang baik untuk kecantikan kulit adalah kacang kenari karena di dalamnya terdapat lemak, protein dan serat yang bagus bagi kulit.

Manfaat kacang kenari yang cukup dikenal adalah menstabilkan kadar kolesterol dalam darah. Tidak hanya itu, makanan kaya nutrisi ini juga memiliki beragam efek yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kinerja otak.

Dalam kacang kenari itu sendiri terdapat beberapa kandungan seperti sumber tembaga, magnesium, fosfor, dan vitamin B6. Selain itu, terdapat pula kandungan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dengan asam lemak Omega-3.

Baca Juga: Resep Kue Kacang, Salah Satu Jajanan Khas Lebaran

Kacang kenari atau walnut merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki bentuk unik karena tidak teratur. Walaupun kenari merupakan makanan berkalori dengan lemak tinggi, namun nutrisinya padat dan baik untuk kulit serta organ lainnya seperti jantung.

Adanya campuran protein, serat dan lemak sehat dalam kenari ini bisa meningkatkan rasa kenyang sehingga baik dijadikan sebagai camilan jika dibandungkan keripik, kerupuk, atau makanan kaya karbohidrat yang lainnya. Seperti dirangkum dari klikdokter, berikut ini adalah manfaat mengonsumsi kacang kenari untuk kecantikan kulit.

1. Dapat mengatasi mata panda

Kandungan antioksidan dalam kacang kenari ini bermanfaat baik dalam mencegah lingkaran hitam di bawah mata. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kenari secara teratur guna mengatasi kantung mata dan mata panda. Kemudian kulit mata yang kendur pun dapat kembali mengencang, dan warna kulit akan lebih bercahaya.

Baca Juga:Kacang Almond Jadi Salah Satu Makanan yang Tinggi Kalsium, Yuk Simak 5 Makanan Lainnya…

2. Bisa mencegah tanda penuaan dini

Kandungan antioksidan dalam kacang kenari ini bagus untuk perawatan anti penuaan penuaan dini atau anti aging. Senyawa antioksidan dalam kenari ini berasal dari vitamin E, melatonin, dan zat polifenol. Sementara itu polifenol dan vitamin E ini sangat baik dalam mencegah tanda-tanda awal penuaan.

Selain itu, kandungan vitamin B6 dalam kenari juga baik dalam menjaga kesehatan kulit yang mana berperan dalam membentuk asam amino untuk kulit.

3. Kulit Menjadi Cerah dan Bercahaya

Kacang kenari yang mengandung vitamin, antioksidan, serat, dan mineral, maka bisa membuat kulit menjadi lebih bercahaya.

Sebagai perawatan topikal bisa campurkan kenari dengan oat dan madu lalu jadikan masker di wajah. Apabila dilakukan secara berkala hasilnya tak hanya kulit mati yang terangkat, namun kulit sehat, segar, dan bercahaya juga bisa diperoleh.

Nah itulah tadi sederet manfaat kacang kenari bagi kecantikan kulit. Semoga bermanfaat.

Claudia