blank
Wedang uwuh. Foto: Dok/shutterstock

SEMARANG (SUARABARU.ID) –¬†Wedang uwuh, minuman tradisional ini tentu sudah tak asing lagi bagi masyarakat Jawa Tengah. Wedang uwuh merupakan minuman yang mudah dijumpai dan lazim dikonsusmi di segala kondisi.

Wedang uwuh terdiri atas dua kata yaitu, kata wedang dalam bahasa Jawa yang bermakna minuman, sedangkan uwuh yang berarti sampah. Jadi, wedang uwuh dapat diartikan sebagai minuman sampah. Namun hal ini hanya istilah saja.

Dikutip dari Suara.com, minuman yang diyakini memiliki khasiat tinggi ini terdiri dari campuran beberapa rempah-rempah, seperti jahe, kayu secang, daun dan kayu manis, akar sereh, daun pala, biji pala, kapulaga, hingga gula batu.

Campuran berbagai bahan tradisional di atas dipercaya dapat menghangatkan tubuh dan mampu mencegah berbagai macam penyakit. Selain itu, masih banyak manfaat wedang uwuh bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin.

Ini manfaat wedang uwuh yang perlu kamu ketahui yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Mengatasi asam urat

Wedang uwuh dipercaya mampu mengatasi asam urat karena mengandung jahe. Menurut sejumlah penelitian, jahe berkhasiat menurunkan kadar asam urat dalam darah.

2. Mencegah penyakit jantung

Dalam wedang uwuh terdapat kayu manis yang dipercaya memiliki khasiat untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Meningkatkan sistem imun

Bahan alami seperti kapulaga dan pala diyakini mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga melawan bakteri dan patogen.

4. Mengobati batuk dan pilek

Wedang uwuh dianggap mampu membantu menenangkan rongga mulut, meluruhkan lendir, dan mengurangi batuk.

5. Antioksidan

Secang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas. Tak hanya itu, cengkeh yang terdapat dalam wedang uwuh juga mengandung antioksidan.

6. Menstabilkan hemoglobin

Ketika kadar hemoglobin dalam tubuh tak cukup, maka akan menyebabkan masalah seperti anemia, kulit pucat, pusing, lemah, dan kelelahan. Gula batu dalam wedang uwuh diyakini mampu meningkatkan kadar hemoglobin.

7. Antialergi

Jika kamu memiliki riwayat alergi maka kayu secang yang terdapat dalam wedang uwuh mampu mengatasi masalah alergi yang kamu derita. Pasalnya, penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa dalam kayu secang, terutama secang chalcone memiliki sifat anti alergi yang kuat.

8. Menstabilkan gula darah

Jahe dipercaya mampu meningkatkan gula darah pada penderita diabetes. Selain itu menurut berbagai penelitian, jahe dianggap mampu membantu mengobati masalah kesehatan yang disebabkan oleh diabetes kronis.

9. Mengurangi risiko kanker

Wedang uwuh dianggap mampu mengurangi risiko kanker. Pasalnya di dalam wedang uwuh terdapat serai yang mengandung senyawa antikanker.

Itulah manfaat wedang uwuh bagi kesehatan yang wajib kamu ketahui. Semoga bermanfaat ya!

Ning S