blank
Ilustrasi manfaat kencur bagi kesehatan tubuh. Foto: Dok/Alodokter

2. Membasmi bakteri penyebab penyakit
Ekstrak kencur diketahui mengandung minyak esensial yang bersifat antibakteri. Beberapa riset menunjukkan bahwa kandungan antibakteri pada kencur dapat membasmi kuman di kulit, gigi dan gusi, serta saluran pernapasan.

Manfaat kencur bahkan dipercaya dapat mematikan kuman Mycobacterium tuberculosis penyebab TBC. Sejauh ini penelitian tersebut masih terbatas pada uji coba di laboratorium. Oleh karena itu, efektivitas dan tingkat keamanan kencur sebagai obat untuk mengobati penyakit infeksi masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Meredakan nyeri dan peradangan
Kencur mengandung zat yang bersifat antinyeri dan antiradang. Saat tubuh mengalami peradangan atau nyeri, kamu dapat menggunakan kencur untuk meringankannya. Manfaat kencur ini sudah terkenal sejak dahulu sehingga umum digunakan untuk meredakan nyeri akibat sakit kepala, sakit gigi, dan radang sendi.

4. Mengurangi stres
Kencur juga dikenal sebagai salah satu tumbuhan yang dapat memberikan efek menenangkan pikiran dan meredakan rasa cemas serta stres. Efek ini bisa kamu peroleh ketika menghirup aromaterapi yang berbahan dasar kencur.

5. Menangkal radikal bebas
Kencur merupakan salah satu tumbuhan herba yang kaya akan kandungan antioksidan, yaitu flavonoid. Kandungan ini diketahui mampu menangkal kerusakan sel akibat paparan radikal bebas, misalnya dari asap rokok atau polusi.

Tak hanya baik untuk menjaga kesehatan tubuh, kandungan antioksidan flavonoid dalam kencur juga bermanfaat untuk meredakan peradangan dan mencegah kanker.

6. Mencegah kanker
Kanker merupakan pertumbuhan sel abnormal yang tak terkendali karena adanya perubahan sifat genetik atau mutasi gen. Jika tidak ditangani sejak dini, kanker dapat menyebar ke jaringan lain dalam tubuh atau metastasis dan semakin sulit ditangani.

Berbagai riset menunjukkan bahwa kencur mengandung senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Oleh karena itu, kencur baik untuk kamu konsumsi guna mencegah kanker.

Selain memberikan berbagai manfaat di atas, kencur juga diketahui bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh dan mengatasi sembelit.

Berbagai manfaat kencur tersebut umumnya bisa kamu peroleh jika mengkonsumsinya dalam bentuk jamu atau suplemen. Namun, kencur sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan, terutama jika kamu memiliki penyakit atau sedang menjalani pengobatan tertentu.

Agar lebih aman, kamu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin mengKonsumsi kencur sebagai obat herba atau suplemen untuk mengobati penyakit tertentu.

Ning S