blank
Ganjar dan Siti Atikoh bertemu dengan kakak mempelai pria, yakni Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas beserta istri. Foto: hms

REMBANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menghadiri ngunduh mantu pernikahan Muhammad Za’im Cholil Mumtaz dengan Adelia Nanda Puti, di kompleks Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Leteh, Rembang, Sabtu (13/5/2023).

Sekadar diketahui, Zaim Cholil merupakan putra bungsu dari delapan bersaudara, dari pasangan (Alm) KH M Cholil Bisri dan Nyai Hj Muchsinah Cholil.

Zaim Cholil memiliki kakak, yakni KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya), Ummi Kultsum Cholil Zalith, Zainab Cholil Qotsumah. Kemudian Yaqut Cholil Qoumas yang kini menjabat Menteri Agama.

BACA JUGA: Pendaftaran Bacaleg PKB : Diawali Khotmil Quran, Diakhiri Tasyakuran

Lalu ada pula Faizah Cholil Tsuqoibak, serta M Bisri Cholil Laqouf, yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Rembang, serta M Hanies Cholil Barro’ (Gus Hanies), yang saat ini menjadi Wakil Bupati Rembang.

Kehadiran Ganjar yang ditemani istri, Siti Atikoh, disambut hangat keluarga besar Ponpes Raudlotut Tholibin, termasuk KH Mustofa Bisri atau Gus Mus, yang tak lain adalah paman dari mempelai pria.

Bukan hanya tuan rumah, Gubernur berambut putih itu juga bertemu dengan para ulama, politikus, hingga teman-teman semasa kuliahnya dulu.

blank
Hadiri ngunduh mantu, Ganjar dan Siti Atikoh juga sempat bertemu dengan Gus Mus dan istrinya. Foto: hms

BACA JUGA: Tak Risau Ditinggal Nurhudi, Sulis Optimistis Gerindra Raih 9 Kursi DPRD Kudus

”Saya beberapa waktu lalu sowan beliau, dan ternyata beliau mau punya gawe (acara) di Rembang. Jadi, tentu ini menjadi tempat orang kondangan sekaligus silaturahmi,” ujar Ganjar.

Menurutnya, acara ngunduh mantu pernikahan Gus Za’im berlangsung meriah dan gayeng, karena dihadiri banyak tokoh ulama dan tokoh Nasional.

”Tadi para romo, kiai, tokoh-tokoh hadir semuanya, dan tentu menyenangkan. Saya juga bertemu dengan teman-teman dulu. Ya aktivis, ya teman mahasiswa,” lanjutnya.

BACA JUGA: Penyerahan 2000 Bibit Tanaman Awali Musyda Aisyiyah

Kehadiran para ulama dan tokoh Nasional itu, ungkap Ganjar, menunjukkan bahwa keluarga besar Ponpes Raudlotut Tholibin memiliki pengaruh dan relasi sosial yang baik.

”Gus Yahya dan keluarganya memang menunjukkan dari keluarga seluruhnya bersosial, sehingga acaranya jadi ramai. Semoga kedua mempelai bisa hidup sakinah, mawaddah, warahmah dan semuanya lancar, walimah lancar,” pungkasnya.

Riyan