blank
DPC PKB Wonosobo telah mendaftarkan Bacalegnya di Pemilu 2024 di Kantor KPU setempat. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Pendaftaran bakal calon anggota legislatif (Bacaleg) DPC PKB Wonosobo ke Kantor KPU setempat, Sabtu (13/5/2023), diawali dengan khataman Al Quran oleh santri di Kantor DPC PKB di Jl Dieng Kalianget. Pendaftaran Bacaleg PKB dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Setelah semua rangkaian penyerahan berkas pendaftaran Bacaleg di KPU selesai, pengurus DPC PKB, DPAC PKB, anggota Fraksi PKB DPRD dan para Bacaleg menggelar tasyakuran dengan memotong tumpeng di Kantor DPC PKB.

Start pendaftaran dimulai dari halaman Kantor DPRD di Jl Soekarno Hatta. Diawali dengan doa bersama yang dipimpin Ketua Dewan Syuro DPC PKB, KH Nur Hidayatullah, dilanjutkan dengan long march menuju Kantor KPU dengan diiringi musik drumband.

Konvoi dari halaman DPRD melewati dan memutari Alun-Alun terus menyusuri Jl Tirto Aji dan perempatan Hotel Kresna hingga sampai ke Kantor KPU di Jl Sabuk Alu. Iringan musik drumband mendapat perhatian masyarakat yang menyaksikan di pinggir jalan.

Peserta long march yang sebagian para Bacaleg itu, tampak membawa poster bergambar PKB dan meneriakan yel-yel khas PKB. “Wonosobo Ijo Royo-Royo, PKB Bangkit, Solid, Menang!”. Lantunan lagu “Yalal Wathon” juga mengiringi musik yang dibawakan para pemain drumband.

Sampai di halaman Kantor KPU, para personil drumband terus memainkan musiknya, sementara Bacaleg PKB tak henti-hentinya meneriakan yel-yel untuk mengobarkan semangat memenangan PKB dalam kontestasi pemilu yang akan digelar 14 Februari 2024 mendatang tersebut.

Pendaftaran Bacaleg PKB ke KPU dipimpin langsung Sekretaris Dewan Syuro DPC PKB M Albar. Turut mendampingi Sekretaris Dewan Tanfidz DPC PKB Ahmad Faqih, Bendahara Dewan Tanfidz DPC PKB, Amir Husein, Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) DPC PKB Hasan Asy’ari.

13 Kursi

blank
Bacaleg PKB Wonosobo melakukan long march sebelum mendaftar di Kantor KPU setempat. Foto : SB/Muharno Zarka

M Albar menyatakan hari ini merupakan hari baik karena hari libur. Maka PKB Wonosobo mendaftarkan Bacaleg yang didahului dengan konvoi sehingga banyak yang nonton. PKB sudah mempersiapkan Bacaleg sejak dini dan sangat siap untuk berkontestasi maupun berkompetisi dengan baik pada Pemilu 2024 nanti.

“Bacaleg PKB yang didaftarkan ke KPU sudah komplit seratus persen, yakni 45 orang. Kuota 30 perempuan tiap daerah pemilihan (Dapil) juga terpenuhi. Semoga Bacaleg yang didaftarkan hari ini jadi tolok ukur dan suri tauladan yang baik untuk kontestasi politik di tahun 2024,” ujarnya.

Menyinggung target perolehan kursi, pria yang juga menjabat Wakil Bupati Wonosobo itu, menyebut 13 wakil rakyat. Jumlah tersebut guna mengembalikan posisi terbaik PKB pada tahun 1999 lalu yang berhasil merebut angka yang sama.

“Soal target perolehan kursi di DPRD, PKB tidak muluk-muluk, realistis saja di angka 13 kursi. Kalo ada partai politik yang punya target muluk-muluk, itu namanya guyonan politik,” ucapnya sembari tertawa.

Menurutnya, komposisi Bacaleg PKB saat ini cukup vareatif dan kompetitif. Ada unsur tokoh agama, kaum nasionalis, generasi milenial, tokoh pemuda dan perempuan serta kepala desa dan mantan kepala desa. Dari 10 incumbent, 9 di antaranya maju lagi sebagai Bacaleg.

Terkait mesin politik, imbuh Gus Albar, PKB telah siap. Sebab, kader di tingkat cabang, anak cabang hingga ranting dan anak ranting, sudah disiapkan semua untuk gayung bersambut. Semua kader telah digerakan bersama untuk memenangkan PKB di Wonosobo.

“Kita harapkan PKB bisa pecah telur. Karena sejak reformasi, PKB selalu di rangking dua. Di Pemilu 2024 nanti PKB berharap betul posisinya bisa naik juara satu. Sistem pemilu mau proporsional terbuka maupun proporsional tertutup, PKB sama-sama siap,” tegasnya.

Muharno Zarka