blank
Wakil Dekan Fakultas Teknologi Pertanian USM (FTP USM), Ir. Dewi Larasati, M.Si (kiri) dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Industri dan Masyarakat SMKN 1 Leuwiliang, Bogor, Ari Utari Permatasari, S.Si., M.Pd menandatangani naskah kerja sama pada 11 Mei 2023 di Aula Lantai 6, Gedung Prof. Ir. Joetata. (Foto:News Pool USM)

SEMARAANG (SUARABARU.ID)– Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang (FTP USM) menerima kunjungan dari para siswa SMK Negeri 1 Leuwiliang, Bogor yang melakukan Educational Tour pada 11 Mei 2023 di Aula Lantai 6, Gedung Prof. Ir. Joetata.

Pada waktu yang bersamaan dilakukan penandatangan kerja sama kedua belah pihak.

Kunjungan tersebut diikuti 210 orang terdiri atas guru dan siswa SMK Negeri 1 Leuwiliang, Bogor yang mempunyai kompetensi keahlian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP), Pengawasan Mutu Hasil Pertanian (PMHP) dan Multimedia (MM).

Kedatangan mereka di USM diterima Wakil Dekan Fakultas Teknologi Pertanian USM, Wakil Dekan Ir. Dewi Larasati, M.Si didampingi Ketua Jurusan S1 THP Ika Fitriana, S.TP, M.Sc, Sekretaris Jurusan S1 THP Erwin Nofianto, S.Pd., M.Si, dan Ketua BKPA Aldila Sagitaning Putri, S.Si.,M.Sc.

blank
Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang menerima kunjungan dari para siswa SMK Negeri 1 Leuwiliang, Bogor pada 11 Mei 2023 di Aula Lantai 6, Gedung Prof. Ir. Joetata. (Foto:News Pool USM)

Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Industri dan Masyarakat SMKN 1 Leuwiliang, Bogor, Ari Utari Permatasari, S.Si., M.Pd mengatakan, pihaknya berterima kasih atas sambutan yang luar biasa dari USM. Menurutnya, tujuan kunjungan tersebut adalah mengenalkan Universitas Semarang kepada para siswanya.

”Kami berharap, dengan menjalin kerja sama dengan USM, dapat sama-sama mencapai tujuan meningkatkan kualitas pendidikan serta out put-nya bagi masyarakat. Sekolah kami ini merupakan Sekolah Pusat Keunggulan (PK) dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kinerja yang diperkuat dengan kualitas dan kinerja melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha dan industri,” jelasnya.

Pada kesempatan itu Wakil Dekan Fakultas Teknologi Pertanian USM (FTP USM), Ir. Dewi Larasati, M.Si menjelaskan sejarah berdirinya USM sampai USM berkembang pesat seperti saat ini dan keunggulan dari FTP USM.

Selain itu itu Dewi juga senang karena siswa SMK Negeri 1 Leuwiliang yang ingin memperdalam ilmu dan kompetensi bidang pengolahan pangan di FTP USM.

”Lulusan program studi S-1 THP Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang mempunyai kompetensi di bidang Teknologi Pangan dan Hasil Pertanian dengan profil lulusannya adalah ahli di bidang tenaga ahli di bidang Tekenologi Pangan dan Teknologi Hasil Pertanian, pengusaha/ wirausahawan, tenaga pengajar/dosen/peneliti dan konsultan bidang teknologi pangan dan teknologi hasil pertanian,” ungkapnya.

Dosen dan mahasiswa USM, katanya, berkolaborasi untuk menghasilkan produk-produk inovasi yang bermanfaat seperti teh rambut jagung, teh parijoto, beras analog, keripik gedebog pisang dan masih banyak lagi yang terus dikembangkan, dan semua produk itu dibuat dari bahan baku lokal yang mencirikan karakter ke-Indonesiaan.

Dalam kegiatan tersebut disuguhkan salah satu produk ungulan dari FTP berupa teh rambut jagung dan keripik gedebog pisang.

Muhaimin