blank
Ilustrasi tanaman legundi. Foto: bibitbunga.com

SEMARANG (SUARABARI.ID)- Tanaman Legundi (Vitex trifolia L) merupakan tanaman perdu, tumbuh tegak mempunyai tinggi 1-4 m. Tumbuh pada tempat yang panas, tandus dan berpasir. Ditemukan tanaman ini tumbuh liar pada hutan jati, semak belukar dan sebagai tanaman pagar

Daunnya banyak digunakan untuk obat gatal dan alergi. Legundi juga bisa dibuat dalam bentuk jamu untuk wanita yang baru melahirkan. Kemunting cina (Catharanthus Roseus) memiliki daun berbentuk bulat telur, berwarna hijau, dan tersusun menyirip secara berselingan.

Meski banyak khasiatnya, orang mengenal Legundi sebagai obat asma. Daunnya tersusun beraturan sepanjang batang dan biasanya majemuk, terdiri dari 3 selebaran linier yang berkisar antara 1 -12 cm. Permukaan atas daun berwarna hijau dan permukaan bawahnya berwarna hijau keabu-abuan.

Mungkin banyak orang yang merasa asing dengan tanaman legundi, karena masyarakat yang berada di Kecamatan Marga daun legundi ini dipakai sebagai boreh atau lulur dalam mengurangi gejala influenza.

Akan tetapi, dalam dunia medis tanaman legundi ini sudah dikenal mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.

Tanaman legundi ini mempunyai bunga yang berwarna ungu cantik dan bisa tumbuh dengan ukuran besar. Selain itu, tanaman ini bisa ditanam dengan cara stek batang atau pun biji.

Ada banyak zat baik yang terdapat dalam tanaman legundi yakni diantaranya artemetin, luteolin, friedelin, triterpenoid friedelin, isoorientin, viteksin, casticin, sitosterol, glukosida, trimetil quercetagetin, dan glukuronid.

Tidak hanya itu, tanaman legundi ini mengandung minyak atsiri dan beberapa senyawa antioksidan seperti sterol, tripenoid, dan flavonoid yang tinggi terutama pada bagian daun dan buahnya. Seperti dirangkum dari cybex.pertanian.go.id, berikut ini adalah beberapa manfaat tanaman legundi bagi kesehatan.

1. Bisa mengobati cacingan

Daun legundi ini bisa digunakan sebagai obat cacingan dan caranya adalah dengan mencuci bersih daun legundi sebanyak 15 gram dan rebus selama 15 menit sampai mendidih, lalu minum setelah dingin serta ampasnya sudah disaring.

2. Bisa mengobati TBC

Daun legundi ini juga bisa mengobati penyakit paru-paru terutama TBC dan kita hanya perlu mempersiapkan kurang lebih segenggam daun legundi, lima lembar daun waru lengis muda, satu sendok bidara upas muda yang sudah diparut, setengah genggam daun pegagan, dan satu sendok makan kencur yang telah diparut.

Setelah itu, rebus semua bahan dengan enam gelas air hingga tersisa tiga gelas dan sebelum diminum saringlah lebih dahulu. Kamu bisa meminum ramuan ini sebanyak empat kali dan lakukan rutin selama tiga bulan tanpa harus terlewat.

3. Bisa mengobati batuk

Apabila sedang batuk, coba untuk mengonsumsi daun legundi dengan cara rebus 5 gram daun legundi, 6 gram kencur dan 5 gram kunyit dalam enam gelas air hingga mendidih sampai tersisa 3 gelas dan minum ramuan tersebut secara rutin selama 14 hari.

4. Bisa menjaga rahim

Apabila wanita mengalami pembesaran rahim dapat mencoba ramuan satu ini dan caranya adalah dengan merebus satu genggam daun legundi dan 6 gram temu hitam ke dalam 1 liter air. Kemudian, kamu bisa mengonsumsi ramuan tersebut selama sekali sehari secara rutin selama 7 hari.

5. Bisa mengobati sakit limpa

Daun legundi rupanya juga bisa dimanfaatkan dalam mengobati sakit limpa dengan cara menumbuk satu genggam daun legundi segar dan kemudian tambahkan sedikit cuka hingga tercampur rata. Setelah itu, ramuan tadi bisa tempelkan ke pada perut sebelah kiri dimana organ limpa itu berasal.

Demikianlah ulasan beberapa manfaat tanaman legundi bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Claudia