blank
Gerak cepat para petugas PLN ULP Blora memperbaiki trafo kapasitas 50 KVA, di lapangan Perumda Kelurahan Kunden RW.004. Jumat,  12 Mei 2023. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) —  Pukul 05.00 WIB, pagi-pagi, mendadak listrik padam, tak tau kenapa. Setelah ada warga Perumda RW 004 Kelurahan Kunden, Kecamatan Blora lapor ke PLN Blora, sekitar pukul 07.00 WIB petugas perbaikan  datang, ternyata trafo di lapangan Perumda rusak, Jumat, (12/5/2023).

Salah satu warga RT 002/RW 004 Kelurahan Kunden, Hartono menyampaikan pagi hari listrik padam terus dia lapor ke PLN ternyata trafo di lapangan Perumda rusak.

“Ini ada petugas dari PLN sedang memperbaiki trafo, semoga cepat selesai, sebab ini hari Jumat,” ucap Hartono.

Pada kesempatan itu, Manajer PLN ULP Blora, Setiyo Karminto  menyampaikan bahwa PLN Blora akan selalu berusaha merespon secepatnya setiap gangguan dan keluhan seluruh pelanggan dan masyarakat di wilayah pelayanan Blora. Trafo di Perumda Kunden masih mampu, kapasitas 50 KVA, cuma bushing-nya yang pecah bisa jadi kualitasnya benerin overheat, petugas langsung gerak cepat, untuk perbaikan.

“Kami sampaikan juga untuk pelaporan gangguan yang efektif bisa melalui WhatsApp berjenjang ke seluruh kepala desa dan lurah di Blora yang sudah kami buat dan bisa juga melalui aplikasi PLN Mobile melalui gangguan atau via call center 024123. Dengan informasi cepat dari masyarakat terkait padam listrik maka akan membantu mempercepat proses penormalan oleh petugas PLN,” ungkap Setiyo Karminto.

Diimbau juga, lanjut Manajer PLN ULP Blora  Setiyo Karminto, kepada seluruh masyarakat yang memiliki pohon dekat jaringan yang berpotensi mengancam gangguan jaringan listrik untuk merelakan dipangkas atau dipotong sendiri.

“Bisa juga jika warga hendak melakukan pemotongan secara sendiri atau bersama2, dan atau  bisa lapor ke PLN untuk dilakukan pengamanan jaringan supaya terjamin  keselamatan dan keamanan dalam pekerjaan,” tandas Manajer PLN ULP Blora.

Untuk diketahui, listrik area Perumda Kunden dan sekitarnya menyala pukul 09.57 WIB kembali, menurut keterangan Manajer PLN ULP Blora ketika ada trafo rusak sekitar tiga jam listrik padamnya, masyarakat diharap bersabar saat ada perbaikan.

Kudnadi Saputro