Kader PDI Perjuangan Surakarta yang juga menjabat Wali Kota Gibran Rakabuming Raka mengibaskan bendera sebagai tanda resmi pemberangkatan bakal calon legislatif PDIP mendaftarkan ke KPU setempat. Foto: Bagus Adji

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan kota Surakarta mendaftarkan 45 kadernya sebagai Bakal Calon Legislatif (Bancaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kta Surakarta.

Kehadiran Bacaleg PDI Perjuangan datang ke KPU Surakarta diantar ratusan kader menggunakan sepeda motor, sepeda, dan andong berhias diwarnai kegiatan budaya dipimpin langsung Ketua DPC PDI Perjuangan Surakarta FX Hadi Rudyatmo, Kamis (11/5). Nampak hadir dalam kegiatan Gibran Rakabuming Raka kader PDI Perjuangan yang juga menjabat Wali Kota Surakarta.

Pantauan Suarabaru.Id mengungkapkan, proses pendaftaran 45 kader PDI Perjuangan Surakarta  ke KPU setempat  diawali dengan keberangkatan rombongan dari Kantor DPC setempat  memuju ke Kantor KPU.

Rombongan Bancaleg  yang mengenakan baju lurik  ditambah ikat kepala bagi laki-laki, dilepas Gibran Rakabuming Raka. Rombongan menunggang sepeda onthel, sepedamotor dan andong berhenti tidak jauh dari Kantor KPU Surakarta. Dari tempat pemberhentian rombongan berjalan kaki  menuju tujuan akhir.

Selanjutnya pimpinan rombongan Ketua DPC PDI Perjuangan Surakarta FX Hadi Rudyatmo didampingi Sekertaris  Drs Teguh Prakoso  dan pengurus lainnya, memasuki kantor KPU untuk melakukan pendaftaran.

Setelah bertemu Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti didampingi komisioner, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Drs Teguh Prakoso menyerahkan berkas sebagai persyaratan  yang dibutuhkan dalam pendaftaran para bacaleg.

Ketua DPC PDI Perjuangan Surakarta FX Hadi Rudyatmo sedang memberikan keterangan wartawan terkait pendaftaran Bancaleg  di KPU Surakarta, Kamis (11/5). Foto: Bagus Adji

Sementara itu Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti  kepada wartawan menjelaskan, PDI Perjuangan setempat mendaftarkan 45 kadernya sebagai Bacaleg. Hasil pengajuan bakal calon dari PDIP dinyatakan lengkap dan diterima. Untuk verifikasi adminsitrasi dilaksanakan sesuai tahapan dan saat ini ada pada  tahap pengajuan.

Dari pengajuan bakal calon legislatif  dari PDIP, pihaknya melihat sudah memenuhi keterwakilan  perempuan sebanyak 30 persen, terangnya seraya menembahkan hingga hari  ke 11 pendaftaran tercatat  baru dua parpol tingkat  kota Surakarta mendaftarkan diri.

Sementara itu Ketua DPC PDI Perjuangan Surakarta FX Hadi Rudyatmo  mengatakan,yang disampaikan ke KPU  sudah terkirim hari ini. Karena sudah diverifikasi  pihaknya ridak perlu bolak balik lagi melakukan pengurusan.

Juga disampaikan mereka yang mengantar pendaftaran ke KPU adalah kader, bancaleg dan petugas partai dan wakil dari DPC  ke eksekutif . Langkah berikutnya setelah melakukan pendaftaran, maka partai akan melaksanakan konsolidasi .

“Habis ini teman teman bakal calon kita kumpulkan .Kemudian kita kasih pengertian mengapa  mereka disuruh memakai ikat kepala  dan mengenakan lurik  dan menunggang sepeda ontehl saat menuju ke KPU untuk mendaftarkan diri sebagai bancaleg. Itu semua biar tertanam di hati sanubari. Caleg tidak berebut suara antar teman. Tetapi ambilah suara dari partai politik lain,” jelasnya.

Bagus Adji