blank
Sekretaris DPD Partai Golkar Kebumen Lulus Tri Paryadi.(Foto:SB/Pribadi)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Tahapan Pemilu 2024 di Kabupaten Kebumen dalam pekan ini telah dimulai pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) ke KPU setempat.

Kesibukan terlihat dari aktivitas para bacaleg dalam dua pekan terakhir. Mereka mengurus persyaratan kesehatan ke rumah sakit pemerintah di RSUD dr Soedirman Kebumen hingga mencari surat keterangan kelakuan baik dari Sat Intelkam Polres Kebumen.

Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Kebumen Drs Lulus Triparyadi kepada Suarabaru.id mengungkapkan, pihaknya telah melakukan penjaringan dan menetapkan 50 bacaleg. Dari 50 orang itu telah terpenuhi keterwakilan perempuan di semua daerah pemilihan (Dapil) di tujuh Dapil.

Menurut penjelasan Lulus, dari 50 bacaleg tersebut terdapat 24 orang unsur perempuan. Namun Ketua DPD Partai Golkar Kebumen Dra Hj Halimah Nurhayati MSi, tidak maju sebagai bacaleg. Seperti Pemilu 2019, sang suami Halimah yang akan maju lagi sebagai bacaleg, yaitu Munawar Cholil. Munawar dikenal mantan birokrat atau pensiunan ASN.

Lulus sendiri juga mengaku tidak akan mencalonkan diri pada Pemilu 2024. Dirinya dan Ketua DPD memilih berkonsentrasi mengendalikan partai guna mengatur strategi memenuhi target pada Pemilu tahun depan untuk meraih 8 kursi DPRD Kebumen.

“Kami realistis target perolehan kursi di DPRD Kebumen 8 kursi. Saat ini kita memiliki enam kursi. Harapan kami tiap Dapil terwakili satu kursi, ditambah satu dapil lagi estimasi kami bisa dua kursi, yaitu Dapil 5,”ujar politisi senior yang juga pengurus Yayasan Pendidikan SMK Nawa Bhakti Kebumen itu.

Menyinggung caleg DPR RI dan DPRD Jateng, Lulus menyatakan, sampai saat ini masih tetap mengandalkan kepada figur nasional. Bambang Susatyo yang saat ini menjabat Ketua MPR RI, akan kembali menjadi bacaleg DPR RI Dapil 7.

Sedangkan untuk bacaleg DPRD Jateng, pihaknya berharap penuh kepada figur Feri Wawan Cahyono. Saat ini Feri juga dipercaya menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Jateng. Para kader Partai Golkar Kebumen pun mengakui Feri aspiratif serta rajin melakukan reses di daerah pemilihan.

Komper Wardopo