blank
Ilustrasi makanan pedas (pantangan asam lambung). Foto: Dok/Halodoc

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Kamu salah satu penderita asam lambung? Ada beberapa makanan dan minuman pantangan asam lambung.

Beberapa diantaranya adalah makanan pedas, asam, hingga minuman berkafein. Sebaiknya, jangan abaikan kondisi heartburn yang kerap terjadi dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kondisi ini bisa menjadi tanda munculnya penyakit asam lambung atau GERD. Selain kebiasaan merokok, mengalami obesitas atau beberapa penyakit lainnya berisiko menyebabkan kondisi ini.

Selain itu, perhatikan juga berbagai jenis makanan dan minuman yang menjadi pantangan bagi pengidap asam lambung. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan pantangan juga bisa menyebabkan gejala asam lambung semakin memburuk.

Melansir dari Halodoc.com, ada makanan dan minuman yang harus dihindari bagi pengidap asam lambung.

Asam lambung atau GERD terjadi akibat sfingter esofagus bagian bawah mengalami kerusakan, sehingga menjadi lebih lemah. Saat dalam kondisi yang normal, sfingter esofagus akan menutup secara otomatis untuk mencegah makanan dari lambung bergerak menuju ke kerongkongan.

Namun, ketika sfingter esofagus bagian bawah menjadi lemah, maka makanan bisa naik ke kerongkongan, sehingga memicu berbagai gejala yang terkait dengan penyakit ini. Ada beberapa kondisi yang dapat memicu kondisi ini, seperti obesitas, kehamilan, hingga mengidap hiatal hernia.

Selain penyakit, beberapa kebiasaan buruk juga bisa memicu kondisi ini, seperti kebiasaan merokok, mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak sekali makan, hingga mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman yang menjadi pantangan asam lambung.

Sebaiknya ketahui berbagai jenis makanan dan minuman yang seharusnya kamu hindari untuk mencegah munculnya penyakit asam lambung.

1. Makanan pedas
Makanan yang pedas memang bisa meningkatkan selera makan seseorang. Namun, jika kamu pengidap asam lambung, sebaiknya hindari makanan dengan cita rasa pedas, karena dapat memicu kambuhnya asam lambung.

Hal ini karena makanan pedas umumnya terbuat dari cabai yang memiliki kandungan capsaicin. Senyawa ini dapat memicu iritasi pada kerongkongan yang mengakibatkan naiknya asam lambung.

2. Makanan berlemak
Makanan yang berlemak membuat sfingter esofagus bagian bawah menjadi lebih rileks. Kondisi ini menyebabkan kenaikan asam lambung menuju kerongkongan yang lebih banyak. Untuk itu, pastikan kamu mengurangi total asupan lemak harian untuk mencegah gejala asam lambung kambuh.

3. Buah dengan rasa asam
Buah merupakan makanan yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi setiap harinya. Akan tetapi, jika kamu memiliki riwayat asam lambung, sebaiknya hindari mengkonsumsi buah yang memiliki cita rasa asam.

Ada beberapa jenis buah yang sebaiknya kamu hindari, seperti nanas, jeruk, tomat, lemon, jeruk nipis, dan cokelat. Selain manis, cokelat juga memiliki rasa yang lezat untuk dikonsumsi sebagai camilan. Namun, batasi pengkonsumsian cokelat jika kamu mengidap asam lambung.

Kandungan methylxanthine pada cokelat menyebabkan sfingter esofagus bagian bawah menjadi lebih rileks. Hal ini memicu munculnya gejala asam lambung yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

5. Minuman mengandung kafein
Bukan hanya kopi, teh juga merupakan minuman yang memiliki kandungan kafein. Jika kamu memiliki penyakit asam lambung, sebaiknya hindari minuman ini karena menjadi pantangan asam lambung.

Itulah berbagai makanan dan minuman yang menjadi pantangan asam lambung. Selain menghindari makanan dan minuman tersebut, pastikan kamu hentikan kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol.

Saat mengalami keluhan asam lambung, sebaiknya gunakan pakaian yang nyaman dan longgar. Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat karena dapat memicu rasa yang tidak nyaman.

Ning S