blank
Koordinator Sultan Event Organizer, Titis Bowo, memberikan paparan tentang pengampilan api Porprov 2023, dalam rapat koordinasi di Kantor KONI Grobogan, Selasa (9/5/2023). Foto: riyan

PURWODADI (SUARABARU.ID)– Koordinator Sultan Event Organizer, Titis Bowo mengatakan, pihaknya telah melakukan semua persiapan prosesi pengambilan api Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023, dari sumber api abadi, Mrapen, yang ada di Kecamatan Godong, Kabupaten Grobogan

Titis selaku Koordinator EO menyampaikan hal itu, dalam Rapat Koordinasi di Kantor KONI Grobogan, Selasa (9/5/2023). Rakor sendiri dipimpin Sekum KONI Jawa Tengah Ahmad Ris Ediyanto, didampingi Wasekum I Siswo Abadi dan Kabid Media-Humas KONI Jateng Darjo Soyat.

Hadir juga dalam acara itu, Ketua KONI Grobogan Faturrahman, Ketua KONI Blora Herry Setiyono, Ketua KONI Pati Mustamaji, Wakil KONI Rembang Purwadi, dan utusan KONI Kudus Yusdi. Adapun KONI Jepara absen tak bisa mengikuti rakor.

BACA JUGA: Jangan Hanya Jadi Dosen Jadilah Seorang Murobbi

Seperti dikabarkan, Porprov Jateng 2023 akan digelar di enam kabupaten, di wilayah eks Karesidenan Pati (Pati Raya), pada 5-11 Agustus 2023. Untuk itu, pengambilan api Porprov akan dihitung mundur sebelum acara pembukaan, yakni pada 2 Agustus mendatang.

”Kami siap menjalankan tugas dari KONI Jateng, guna menyukseskan pengambilan api Porprov 2023 ini,” janji Titis.

Dari hasil rakor diketahui, pengambilan api akan dilakukan pada 2 Agustus 2023 di sumber api abadi, Mrapen. Api direncanakan akan diambil Bupati Grobogan Sri Sumarni, yang kemudian akan diterima oleh dua atlet kebanggaan Grobogan, Aris Susanti (panjat tebing) dan Irfan Toni Saputra (tolak peluru).

BACA JUGA: Mulai 1 Juni, Waktu Tempuh Perjalanan KA di Daop 4 Semarang Berubah Lebih Cepat

Api dari Mrapen kemudian dinyalakan pada dua obor, dan diserahkan kepada tim KONI Jateng. Kemudian, satu obor dibawa ke perbatasan Grobogan-Kudus, dan satunya lagi dibawa ke perbatasan Grobogan-Blora.

Selanjutnya kedua api itu dibawa ke Pendapa Kabupaten Kudus dan Blora, untuk diinapkan semalam. Pagi harinya, pada 3 Agustus 2023, KONI Kudus melakukan pengantaran api ke perbatasan Jepara.

Hal yang sama dilakukan KONI Blora, yang mengantarkan ke perbatasan Rembang. Berikutnya, api dibawa ke Pendapa Kabupaten Jepara dan Rembang, untuk kembali diinapkan semalam. Lalu pada 4 Agustus 2023, KONI Jepara dan Rembang membawa api ke perbatasan Pati.

BACA JUGA: Pegadaian Kanwil XI Semarang Serahkan Bantuan Renovasi Pos Presisi Sat Samapta Polres Wonogiri

”Khusus ke perbatasan Pati ini, akan dirancang sedemikian rupa, sehingga kedua api dari Jepara dan Rembang tiba di titik 1 km. Dijadwalkan, sebelum masuk Pendapa Kabupaten Pati, api akan datang bersamaan,” ungkap Sekum KONI Jateng ini.

Disampaikan juga, kedua api akan disatukan lagi dalam satu obor, untuk diserahkan kepada Bupati Pati. Api inilah yang akan menjadi sumber untuk penyalaan di kualdron Porprov pada 5 Agustus 2023 nanti.

Riyan