blank
PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2023 untuk menggantikan Gapeka 2021. Foto: Dok/KAI

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Mulai 1 Juni 2023, waktu perjalanan Kereta Api (KA) di wilayah Daerah Operasi 4 Semarang akan semakin singkat, dan sebagian kereta api mengalami perubahan jadwal keberangkatan.

Hal itu karena PT Kereta Api Indonesia (Persero) mulai memberlakukan Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2023 untuk menggantikan Gapeka 2021 yang sebelumnya digunakan oleh KAI.

Grafik Perjalanan Kereta Api atau Gapeka adalah pedoman pengaturan pelaksanaan perjalanan kereta api yang digambarkan dalam bentuk garis yang menunjukkan stasiun, waktu, jarak, kecepatan, dan posisi perjalanan kereta api mulai dari berangkat, berhenti, datang, bersilang, dan penyusulan, yang digambarkan secara grafis untuk pengendalian perjalanan kereta api.

“Salah satu manfaat yang dapat dirasakan pelanggan pada Gapeka 2023 adalah efisiensi waktu perjalanan KA. Ada percepatan waktu tempuh perjalanan KA di wilayah Daop 4 Semarang sebanyak 383 menit per hari. Rincian efisiensinya, 186 menit pada KA Argo, 95 menit pada KA Eksekutif Ekonomi, dan 117 menit pada KA Ekonomi,” kata Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Ixfan Hendri Wintoko, Kamis (11/5/2023).

Contoh KA di wilayah Daop 4 Semarang yang mengalami percepatan waktu tempuh perjalanan adalah KA 11 Argo Sindoro relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir yang perjalanannya lebih singkat 10 menit, dari sebelumnya 5 jam 20 menit menjadi 5 jam 10 menit. Ada juga KA 225F Menoreh relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Jakarta Kota yang perjalanannya lebih singkat 20 menit, dari sebelumnya 7 jam 15 menit menjadi 6 jam 55 menit.

Pada Gapeka 2023 juga ada pertambahan jumlah perjalanan kereta api. Pada KA Penumpang bertambah 7 perjalanan dari 83 KA menjadi 90 KA. Terdapat berbagai faktor yang melatarbelakangi perubahan Gapeka dari 2021 ke 2023, meliputi perubahan peningkatan kecepatan KA, perubahan stasiun berhenti, dan perubahan puncak kecepatan lintas Brumbung – Gundih menjadi 80 km/j

Selain itu pada Gapeka 2023 ini juga mengakomodir adanya tambahan perjalanan KA baru, yang meliputi KA dengan relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir sebanyak 2 perjalanan KA pulang pergi (pp), KA dengan relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Solo Balapan sebanyak 1 perjalanan KA pp, dan relasi Tegal – Pasar Senen sebanyak 1 perjalanan KA pp.

“Masyarakat dapat membeli tiket untuk keberangkatan kereta api mulai H-30, sehingga untuk keberangkatan 1 Juni 2023 sudah dapat dibeli melalui aplikasi KAI Access, situs kai.id, ataupun seluruh chanel penjualan tiket yang bekerja sama secara resmi dengan KAI,” kata Ixfan.

“Pastikan kembali jadwal perjalanan kamu, karena ada perubahan jadwal keberangkatan kereta api di wilayah Daop 4 Semarang pada Gapeka 2023” ujarnya.