blank
Tidak ada pengbatan Ida Dayak di Alun-alun Semarang, Lokasi Aloon-aloon Johar Semarang yang masih dalam tahap renovasi,. Foto : Absa

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Sejak pagi tadi, ratusan orang dari berbagai daerah di Jawa Tengah kecele dan merasa tertipu dengan berita pengobatan Ida Dayak di Alun-alun Johar Semarang, yang ternyata hoaks atau tidak benar, Senin(8/5/2023).

Informasi yang beredar di berbagai media sosial dan grup-grup WA warga tersebut menyatakan, bahwa Ida Dayak akan melakukan pengobatan di Semarang tersebut akan dilakukan antara tanggal 8-10 Mei 2023. Ada di dua tempat, yaitu Aloon-aloon Johar Semarang dan di Gris Pedurungan, Kota Semarang

Menurut Angga, salah orang pengelola Masjid Agung Kauman Johar, Semarang, ratusan orang yang kecele itu berasal dari Kabupaten Pati, Kudus, Kendal, Pekalongan dan berbagai daerah lain di Jawa Tengah.

“Kalau secara jelasnya kurang tahu ya mas. Karena saya masuk siang, tapi kalau dari informasi beberapa orang tadi dan di grup juga, ada rombongan yang menggunakan travel, bus mini dan mobil,” ujarnya.

blank
Siswanto (57), warga Kalongan, Ungaran, Kabupaten Semarang yang kecele atas info pengobatan Ida Dayak, Senin (8/5/2023). Foto : Absa

Dengan adanya berita hoaks tersebut, lanjut Angga, pihak Babinsa (TNI AD) maupun Bhabinkamtibmas (Polisi) akhirnya memberikan pengumuman dengan menggunakan pengeras suara Masjid Agung Kauman Johar, bahwa berita pengobatan Ida Dayak tersebut hoaks atau tidak benar dan diharapkan masyarakat juga mengumumkan atau menyebarluaskan kepada yang lain bahwa pengobatan Ida Dayak di Alun-alun tidak ada.

Begitu juga yang dialami Siswanto (57), warga Kalongan, Ungaran, Kabupaten Semarang yang akan mengobatkan ibunya juga merasa kecele pas datang ke Aloon-aloon Johar, Semarang.

“Saya kesini mau mendaftar dulu mas, mau mengobatkan ibu Saya. Kakinya sakit sejak 2 tahun lalu. Maksud saya mau daftar dulu, lalu akan membawa Ibu Saya untuk berobat,” kata pegawai kantor pos Erlangga Semarang itu.

Absa