blank
Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, memberikan ucapan selamat dan semangat pada atlet yang mewakili daerahnya di ajang Porprov Jateng. Foto: SB/Prokompim

WONOSOBO (SUARABARU.ID)– Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Wonosobo, Khozin menyatakan, secara umum atlet di daerahnya sudah siap untuk berlaga di event Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah XVI/2023, yang akan digelar 5-11 Agustus 2023 mendatang, di Pati Raya.

”Segala persiapan dan latihan sudah dilakukan untuk menghadapi pesta olahraga tingkat provinsi, yang dihelat setiap empat tahun itu,” ujarnya, saat Pembukaan Pelatihan Atlet Kabupaten (Pelatkab) Porprov Jateng, di Pendapa Bupati, Sabtu (6/5/2023).

Ditambahkan dia, kontingen Wonosobo yang nantinya akan dikirim itu, berjumlah 110 orang atlet. Mereka terbagi dalam 23 cabang olahraga, yang didukung 23 pelatih dan ofisial.

BACA JUGA: Kapolres Jepara Resmi Berganti, AKBP Wahyu Nugroho Setyawan : Mohon Dukungan Masyarakat

Pihaknya menargetkan pada Porprov tahun ini, bisa masuk 20 besar, minimal meraih empat medali emas. Raihan itu diharapkan dari cabor Muathay dan Pencak Silat (emas PON 2020), Renang dan Berkuda (emas Pra-Porprov 2023), Arung Jeram (emas Porprov 2018 dan Pra-Porprov 2023).

Selain itu, ada Paralayang dan cabor lain yang juga diharapkan mampu mengukir prestasi dan menyumbang medali.

”Secara bertahap peringkat kita beranjak naik, yang sebelumnya nomer dua dari bawah, tahun 2018 lalu di Solo, Kabupaten Wonosobo masuk di peringakat 30. Tahun ini target memang tidak muluk-muluk. Namun dengan optimisme dan semangat kuat, target masuk 20 besar, minimal meraih empat medali emas,” ungkapnya.

BACA JUGA: Peraturan KPU No 10/2023 Cermin Rendahnya Dukungan Afirmasi Perempuan di Parlemen

Selain latihan fisik dan penguatan psikologi oleh Prof Dr Heny Setyawati MSi (Ahli Psikologi Nasional dari Unnes), sebagai penunjang semangat kesiapan atlet, pihak KONI sudah mem-back up semua kebutuhan termasuk akomodasi serta perlengkapan lainya. Semua atlet dan pelatih pun, sudah dijamin dengan BPJS Ketenagakerjaan.

”Berkaca dari keterbatasan di tahun-tahun sebelumnya, saat ini KONI mencoba merencanakan dan mempersiapkan dengan lebih matang dan detail. KONI telah mem-back up semuanya, bahkan para atlet sudah kita beri honor sejak Januari hingga Agustus nanti, termasuk perlengkapan dan akomodasi juga sudah disiapkan,” ujarnya.

Bahkan dari latihan saat ini hingga pelaksanaan event nanti, baik atlet maupun pelatih dan ofisial sudah diberikan jaminan BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga para atlet diharap lebih fokus dan konsentrasi berlatih, dalam menghadapi Porprov nanti.

BACA JUGA: Bilas Usai Mandi di Laut, Wildan Ariziq Terseret Arus Sungai Kembangan

blank
Secara resmi Pelatkab atlet Porprov Jateng dibuka Bupati Wonosobo, Afif Nurhidayat. Foto: SB/Prokompim

Sementara itu, Bupati Afif Nurhidayat menyatakan dukungannya terhadap para atlet, yang terpilih mewakili Wonosobo. Dia meminta para atlet untuk fokus dan konsentrasi berlatih dengan penuh totalitas, sehingga bisa meraih juara seperti yang diharapkan semua pihak.

”Pelatihan ini merupakan dasar atas hasil yang akan dicapai. Silakan gunakan waktu sebaik mungkin, dengan konsentrasi dan penuh totalitas dalam berlatih, demi menuai hasil dan meraih prestasi yang memuaskan,” ucapnya.

Bupati Afif menambahkan, permohonan maafnya atas segala kekurangan dalam dukungan pendanaan maupun support terhadap kegiatan itu. Mengingat pemerintah saat ini sedang fokus dalam penyelesaian pembangunan GOR dan stadion.

BACA JUGA: Njar Ji Njar Beh, Ganjar Siji Ganjar Kabeh…

”Sekalipun Wonosobo belum memiliki sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan keolahragaan yang representatif, namun paling tidak sudah punya semangat dan spirit. Mudah-mudahan pemerintah bisa mewujudkan fasilitas olahraga walaupun secara bertahap,” tuturnya.

Afif pun mengajak semua pihak harus berjalan beriringan, dan mulai bersama-sama membangun kemajuan bidang olahraga. Kalau masih ada kekurangan, baik pendanaan maupun support, dia memohon maaf yang sebesar-besarnya.

”Ini bagian dari upaya Pemkab Wonosobo, untuk memberikan dukungan penuh agar olahraga di daerah ini bisa maju dan bersaing untuk peningkatan prestasi,” pungkasnya.

Muharno Zarka