blank
Ilustrasi buah pepaya yang kaya manfaat. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pepaya merupakan salah satu jenis buah buni. Kulit tipis, hijau atau kuning sebelum masak, kemudian kuning atau oranye saat buah masak. Bentuk, ukuran, dan rasanya bervariasi. Buah berongga di bagian dalam, warna oranye sampai kemerahan.

Pepaya merupakan salah satu buah yang memiliki banyak kandung vitamin, seperti vitamin A, C, dan E yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Dilansir dari Suara.com selain menjadi santapan, pepaya juga kerap dijadikan bahan dasar pembuatan produk kecantikan karena memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan kulit wajah.

Baca Juga: Dikenal Dengan Rasanya yang Pahit, Ini 6 Manfaat Daun Singkong dan Pepaya yang Baik untuk Kesehatan

Merangkum laman Realfood, berikut ini 5 manfaat pepaya untuk kesehatan kulit wajah yang salah satunya dapat mencegah penuaan dini.

1. Mencerahkan wajah

Buah pepaya kerap dijadikan bahan dasar produk kecantikan karena dipercaya mengandung sifat pemutih alami yang mampu mencerahkan wajah.

Bagi yang ingin mendapatkan manfaat tersebut, tentunya dapat menggunakan skincare yang memiliki kandungan pepaya untuk membantu mencerahkan wajah dengan memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan sinar UV.

2. Mengatasi jerawat

Manfaat pepaya bagi kesehatan kulit wajah berikutnya adalah dapat membantu mengatasi permasalahan jerawat dengan enzim papain dan chymopapain.

Baca Juga: Ucapkan Selamat Tinggal pada Rasa Pahit Daun Pepaya

Kandungan enzim papain dipercaya mampu mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Selain itu, kandungan vitamin A dalam pepaya juga dapat dijadikan sebagai obat jerawat yang dapat mencegah peradangan.

3. Atasi pigmentasi

Warna kulit yang tidak merata akibat bekas jerawat juga rupanya dapat diatasi oleh pepaya yang memiliki kandungan betakaroten sebagai pencerah alami untuk hilangkan noda hitam.

Tidak hanya itu, pepaya juga mengandung alfa-hidroksi yang berperan sebagai eksfoliator alami untuk mengangkat sel kulit mati akibat radikal bebas.

Baca Juga: Jenis Olahan Daun Pepaya, Sehat dan Murah

4. Mengurangi kerutan

Kandungan antioksidan seperti likopen pada pepaya dipercaya dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan pada beberapa area wajah. Selain itu, pepaya juga memiliki kandungan vitamin C dan E yang dapat memperbaiki elastisitas kulit serta melawan radikal bebas sehingga membuat kulit tampak awet muda.

5. Melembapkan wajah

Selanjutnya pepaya juga dapat melembapkan wajah karena mengandung enzim papain yang dapat memerangi kulit kering dan mudah terkelupas. Tidak hanya memerangi kulit kering, enzim papain juga dapat membantu wajah tampak lebih lembut dan kenyal sehingga terlihat jauh lebih sehat.

Demikian ulasan mengenai 5 manfaat pepaya yang memiliki banyak kandungan baik untuk kesehatan kulit wajah, sehingga mampu mencegah penuaan dini.

Claudia