Ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kucing merupakan hewan darat berkaki empat yang tubuhnya ditutupi oleh bulu. Kucing memiliki ciri-ciri seperti makhluk hidup pada umumnya yaitu bergerak, berpindah tempat, makan dan minum, bernapas. Kucing bernapas menggunakan paru-parunya. Kucing pada umumnya hewan yang ramah dan penyayang.

Selain anjing, kucing juga merupakan salah satu hewan jinak yang banyak dipelihara. Tak heran, kucing memiliki tingkah lucu dan mimik yang cukup menggemaskan sehingga membuatnya disenangi banyak orang.

Dilansir dari Suara.com, bahkan beberapa orang rela membeli kucing dengan harga yang cukup mahal untuk bisa melihat tingkah lucunya. Memelihara kucing dipercaya dapat menghilangkan kelelahan dan meredakan stres saat melihat tingkah kucing yang amat lucu.

Baca Juga: Selain Menyebabkan Alergi, Ini 4 Bahaya Bulu Kucing bagi Kesehatan Tubuh

Meskipun terlihat gampang, memelihara kucing ternyata tidak semudah yang dilihat, lho. Melansir dari laman Halodoc, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memelihara kucing. Simak baik-baik, ya.

1. Pahami Kebutuhan Dasar Kucing

Sebelum memelihara kucing, jangan lupa untuk menyiapkan kebutuhan dasar kucingmu. Mulai dari makanan tiap hari, tempat minum, tempat makan, sampo kucing, mainan, sisir, guting kuku, pasir kucing sampai kandang. Menyiapkan kebutuhan dasar kucing dapat membuat kucing merasa lebih tenang dan nyaman di tempatnya yang baru. Pemberian makan, minum sampai sampo kucing juga tidak boleh sembarangan dan harus disesuaikan dengan kebutuhan kucing.

2. Memperhatikan Kebersihan

Jangan lupa untuk rutin membersihkan bulu kucing dengan menyisir atau memandikannya. Kucing yang tidak secara rutin dimandikan dapat mengakibatkan kucing terjangkiti kutu dan rentan terhadap beberapa penyakit. Jangan lupa untuk selalu membersihkan wadah makan, minum dan kandang kucing agar tetap bersih dan nyaman. Dengan begitu, kucing akan terbebas dari kutu dan berbagai macam penyakit.

3. Ajak Kucing Bermain

Luangkan waktu setidaknya 15-30 menit untuk mengajak kucingmu bermain. Selain agar semakin dekat dengan kucing, mengajak kucing bermain juga dapat menghilangkan kejenuhan dan stres yang dirasakan kucing. Kucing juga dapat lebih sehat secara fisik dan mental.

4. Rutin Mengunjungi Dokter Hewan

Setelah memilih untuk memelihara kucing, kamu harus siap untuk selalu membawanya ke dokter hewan. Konsultasikan perkembangan kucingmu untuk mencegah masalah kesehatan yang mungkin terjadi pada kucing. Jika ada keluhan yang kucing kamu alami, jangan lupa untuk segera konsultasi dengan dokter agar dapat ditangani dengan cepat.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk memelihara kucing. Apa kamu tertarik untuk memelihara kucing?

Claudia