Ilustrasi mengisi daya baterai HP. Foto: Dok/gridhype.id

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bagaimana agar baterai HP awet dan tidak cepat rusak? Kamu yang baru beli HP, perlu memperhatikan sejak awal pemakaian agar tetap awet dan bisa dipakai dalam jangka panjang.

Tidak sedikit kasus HP rusak disebabkan oleh baterainya yang bermasalah. Untuk merawatnya sebenarnya juga tidak sulit, dengan memperhatikan pemakaian sehari-hari, kita bisa menjaga baterai HP agar awet.

Dilansir dari Suara.com (laman MyRepublic), ada beberapa tips merawat baterai HP yang bisa kamu lakukan.

1. Charge HP di waktu yang benar

Mungkin kamu berpikir jika mengisi baterai HP yang benar adalah sampai 100%, tapi yang harus diketahui adalah baterai berbahan lithium-ion justru akan mengalami tekanan lebih besar saat terisi penuh atau terkuras penuh. Idealnya isilah baterai HP jika tersisa 20-30% dan cabut jika sudah mencapai 80-90%.

2. Charge di tempat yang tepat

Saat HP sedang di-charge, hal tersebut tak hanya memberi tekanan pada baterai, tetapi juga menimbulkan panas pada ponsel. Jadi, letakkan HP di tempat sejuk atau berventilasi agar panas lebih mudah hilang. Hindari meletakkannya di tempat tertutup seperti di bawah bantal.

3. Matikan Wi-fi dan bluetooth jika tidak dipakai

Salah satu sebab terkurasnya baterai dengan cepat adalah Bluetooth dan Wi-fi yang tidak dimatikan, kadang-kadang kita lupa tidak mematikan setelah menggunakannya. Jadi, ingat-ingat untuk mematikan dua fitur tadi setelah menggunakannya, ya

4. Menutup semua aplikasi

Mungkin kita berpikir dengan menutup semua aplikasi yang berjalan di HP akan membuat baterai lebih awet, tapi faktanya tidak, justru dengan menutup semua aplikasi tersebut membuat baterai kita akan terkuras lebih banyak saat kita membukanya kembali.

5. Perhatikan kecerahan

Beberapa dari kita pasti sudah paham kalau kecerahan HP bisa berpengaruh pada keawetan baterai, oleh karenanya, usahakan untuk mengaturnya di tingkat yang rendah tapi masih terbaca olehmu.

6. Manfaatkan fitur penghemat baterai

Kalau di HP-mu ada fitur penghemat baterai, manfaatkan fitur tersebut agar baterai bisa lebih awet. Dengan mengaktifkannya, HP kita akan secara otomatis diatur agar tidak menghabiskan banyak daya.

Itu tadi beberapa tips untuk menjaga baterai HP agar tetap awet. Merawat baterai HP sama dengan memperpanjang umur HP.

Ning S