blank
Ganjar Pranowo, saat memberikan keterangannya terkait puncak arus balik 2023, didampingi Dirlantas Polda Jateng, Kombes Agus Suryo. Foto: hms

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, memantau situasi arus balik di Gerbang Tol Kalikangkung, Terminal Mangkang dan Pos Terpadu Dinas Perhubungan Jateng, Kamis (27/4/2023).

Dalam peninjauan arus balik itu, Ganjar didampingi Dirlantas Polda Jateng, Kombes Agus Suryo dan Plt Kadishub Jateng, Syurya Deta Syafrie.

Disampaikan olehnya, agar para pemudik berhati-hati selama perjalanan arus balik. Diingatkan Ganjar, pemudik agar memastikan kondisi tubuh fit dan kendaraan dalam keadaan baik.

BACA JUGA: Arus Balik Cukup Tinggi, Polisi Perpanjang Skema One Way Menuju Arah Jakarta

”Yang penting pastikan kendaraan fit, orangnya fit, istirahatnya cukup,” kata Ganjar, saat ditemui usai melakukan peninjauan.

Dia menilai, tidak akan terjadi kepadatan kendaraan selama arus balik. Sebab, sejak H+2 sudah banyak warga yang melakukan arus balik, sedikit demi sedikit.

”Kan sudah dicicil ini, kemarin dari pusat juga sudah memerintahkan, boleh lho kalau mau di-extend liburnya begitu, cuti begitu,” ujarnya.

BACA JUGA: Distribusi Pupuk Bersubsidi Perlu di Evaluasi, Junarso : Agar Petani Tidak Terus Dirugikan

Terkait hal itu, Ganjar tetap meminta seluruh jajarannya untuk siaga penuh, hingga akhir pekan nanti. Sebab menurutnya, masih ada pemudik yang memilih memperpanjang liburan, dan pulang pada akhir pekan mendatang.

”Kami tetap siaga. Sebab, Senin besok ini juga long weekend, Senin libur jadi kemungkinan antara Jumat, Sabtu, Minggu, mereka juga akan memanfaatkan waktu itu untuk pulang. Maka, hari ini kami cek untuk menyiapkan, yang kalau boleh saya sebut sebagai kelompok terakhir arus balik,” tandasnya.

Sementara itu, Dirlantas Polda Jateng, Kombes Agus Suryo melaporkan, hingga Kamis (27/4/2023), baru sekitar 47 persen kendaraan yang melintas GT Kalikangkung, atau kurang lebih sekitar 390 ribu kendaraan.

BACA JUGA: LKPj Bupati Tahun 2022 Diterima DPRD, Ada 116 Rekomendasi Dewan

”Masih sekitar 50 persen sekian kendaraan belum melintas atau meninggalkan Jawa Tengah, sejak mudik kemarin itu. Diperkirakan tersebar dari Solo sampai Jawa Timur,” ujar Agus.

Dia juga mengungkapkan, angka tertinggi selama arus mudik 2023 mencapai 72 ribu kendaraan dalam sehari. Jumlah itu meningkat bila dibandingkan tahun lalu yang mencapai 62 ribu kendaraan dalam sehari.

Adapun kesiapan untuk menghadapi arus balik, imbuhnya, ada dua skenario yang akan diterapkan. Pertama yaitu, one way Nasional yang akan diperpanjang hingga pukul 24.00 WIB malam ini.

BACA JUGA: Konsumsi BBM dan LPG Meningkat di Jateng dan DIY Melonjak Selama Lebaran

”Tapi untuk one way lokal tidak, karena kapasitas kendaraan tidak padat,” terangnya.

Agus menyampaikan, prediksi puncak arus balik akan terjadi pada malam ini, hingga Jumat (28/4/2023) besok. Faktor puncak arus balik antara lain, dikarenakan adanya kebijakan diskon tarif tol hingga 20 persen, yang ditetapkan pemerintah.

Riyan