blank
Tim SAR Cilacap terus melakukan pencarian terhadap korban tenggelam di pantai wilayah Kabupaten Kebumen. Foto:Dok/SAR Cilacap

CILACAP (SUARABARU.ID) – Dalam tiga hari terakhir, 3 orang wisatawan dilaporkan tenggelam saat bermain air di pantai wilayah Kabupaten Kebumen.

Tim SAR Cilacap menyatakan tiga wisatawan tersebut tenggelam ketika sedang liburan Lebaran.

Berdasarkan data SAR Cilacap, korban pertama dilaporkan tenggelam pada H+1 Lebaran. Korban atas nama W (17) warga Kecamatan Bonoworo, Kebumen.

Menurut Humas Basarnas Cilacap, Suci Amel mengatakan, W dilaporkan tenggelam saat bermain air di Pantai Lembuhpurwo pada Minggu (23/4/2023) pukul 16.30 WIB.

“Korban kedua atas nama RP. Korban tenggelam saat bermain air di Pantai Setrojenar. Korban merupakan warga Kecamatan Bulupesantren. Kita dapat laporan saat H+2,” ungkap Amel, Rabu (26/4/2023).

Sedangkan korban ketiga atas nama AW (55). Korban tenggelam saat berenang di Pantai Mliwis. Korban AW diketahui berasal dari Kecamatan Madukara, Banjarnegara. Korban dilaporkan tenggelam di Pantai Mliwis pada Selasa (25/4/2023) sekitar pukul 16.00 WIB kemarin sore.

“Saat kejadian, AW tengah berenang bersama seorang temannya di Pantai Mliwis. Namun tiba-tiba datang ombak besar hingga membuat keduanya terseret arus kencang sampai ke laut,” kata Amel.

Warga yang berada di sekitar lokasi kejadian berusaha membantu menyelamatkan kedua korban, namun hanya satu orang yang dapat diselamatkan. Sementara AW terseret kembali hingga ke laut.

Hingga memasuki H+4 Lebaran ini, tiga wisatawan yang tenggelam belum bisa ditemukan.

Menurut Amel, ketinggian gelombang Pantai Selatan saat ini terpantau 1,5 meter hingga 2,5 meter. “Dengan ombak yang tinggi tersebut, kami imbau kepada wisatawan jangan bermain air di pantai. Wisatawan juga perlu meningkatkan kewaspadaan dengan rutin mengupdate informasi perubahan cuaca dari BMKG,” tandas Amel.

Tim SAR gabungan sendiri telah menerjunkan sejumlah peralatan pertolongan di dalam air. Seperti Aqua Eye termasuk mengerahkan belasan personel gabungan untuk menelusuri jejak korban.

Kepala Basarnas Cilacap, Adah Sudarsa menyampaikan, dengan dekatnya lokasi info awal dengan operasi SAR hari kedua di Pantai Setrojenar, Amin Riyanto selaku komandan tim telah melakukan assessment di lokasi Pantai Mliwis dan berkoordinasi dengan saksi, serta stakeholder terkait.

Menurutnya, setelah informasi tersebut valid, pihaknya memberangkatkan kembali satu tim rescuer untuk melaksanakan operasi SAR di Pantai Mliwis.

Adah meminta para wisatawan berhati-hati saat liburan di pantai. “Sebaiknya wisatawan memakai life jacket apabila hendak menyeberang maupun bermain di pantai,” tandasnya.

Ia berharap ketiga korban yang sedang dalam pencarian segera ditemukan.

 

Ning S