Ganjar menemui sejumlah penumpang yang ada di Terminal Prayitno, dalam pantauan kepadatan lalui lintas, jelang musim mudik ini. Foto: hms

MAGELANG (SUARABARU.ID)- Suasana di Terminal Prayitno, di Muntilan, Kabupaten Magelang, masih terlihat lengang. Hanya sejumlah angkutan kota yang berlalu lalang dan menurunkan penumpang. Aktivitas para pedagang juga tak terlalu sibuk.

Suasana itu langsung berubah, kala Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, tiba di lokasi. Warga sekitar dan para sopir angkot langsung berlarian menghampiri gubernur berambut putih itu.

Berdasarkan keterangan dari petugas Dishub yang ada di lokasi, aktivitas kendaraan angkutan antarprovinsi baru mulai terlihat setelah pukul 15.00 WIB. Sehingga sejak pagi hingga siang, terminal Tipe B itu, hanya ada aktivitas angkutan dalam provinsi.

BACA JUGA: Pasar Payaman dan Terminal Secang Jadi Simpul Kemacetan

”Ini terminal provinsi Tipe B, tapi memang belum ada peningkatan. Mudah-mudahan kondisi ini tetap terjaga. Tetapi dugaan saya, hari ini akan mulai terjadi peningkatan,” ujar Ganjar.

Sebelum di Terminal Prayitno, Muntilan, Ganjar juga mengecek sejumlah titik. Antara lain, Terminal Secang, Jalan Raya Grabag-Magelang, kemudian ke posko lebaran di Kantor BPSPP, di Jalan Diponegoro Nomor 1 dan di Simpang Artos Magelang.

Ganjar juga menyampaikan, layanan yang sudah dicek telah berjalan dengan baik. Dia lalu mengajak semua dinas yang berada di terminal dan posko, untuk melayani pemudik dengan baik.

BACA JUGA: Polsek Dukun, Polresta Magelang, Amankan Tiga Tersangka Pembuat Mercon

”Layanannya makin baik. Kami sudah cek terminalnya, semuanya makin siap melayani. Mudah-mudahan mudiknya lancar,” tandasnya.

Sebagai informasi, hasil survei Badan Kebijakan Transportasi menunjukkan, jumlah pemudik Provinsi Jateng diprediksi meningkat dari tahun sebelumnya. Dari 11.494.165 pemudik pada tahun lalu, diperkirakan akan meningkat menjadi 12.992.308 di tahun ini.

Sementara di Kabupaten Magelang, kepadatan kendaraan dari arus mudik diprediksi terjadi di Simpang Secang, Simpang Ketep, Simpang Kaliangkrik, Simpang Manglong, Simpang Krasak, Simpang Salaman, dan Simpang Payaman.

Riyan