blank
ilustrasi timun suri. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Timun suri merupakan buah yang tergolong dalam keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae). Timun suri memiliki bentuk lonjong dengan tekstur lembut, aroma yang wangi serta rasa yang manis.

Dilansir dari Suara.com saat bulan Ramadan, kamu akan mudah menemukan buah satu ini. Umumnya timun suri diolah menjadi es buah yang menyegarkan dan cocok untuk takjil.

Rasa manis di lidah dan menyegarkan tenggorokan bila diregu dalam keadaan dingin, Selain itu, timun suri memiliki kandungan nutrisi baik untuk kesehatan tubuh seperti vitamin A, vitamin C, serat, dan kalium.

Timun suri mengandung vitamin K dalam jumlah tinggi. Vitamin K sangat penting untuk meningkatkan massa tulang dan mengembangkan osteotropik pada persendian. Vitamin K juga bisa mencegah kerusakan saraf di otak. Sehingga manfaat mengonsumsi timun suri dalam jumlah yang tepat dapat membantu mencegah penyakit alzheimer.

Baca Juga: 4 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil, Baik untuk Perkembangan Janin

Di balik rasanya yang lezat dan menyegarkan, ternyata timun suri memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari laman Alodokter, berikut lima manfaat timun suri bagi kesehatan tubuh.

1. Mencegah Dehidrasi

Timun suri termasuk buah yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Sehingga buah ini dapat membantu menghidrasi tubuh setelah berpuasa seharian. Timun suri dapat mencegah terjadinya dehidrasi. Selain itu, terdapat juga kandungan kalium yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

2. Mencegah Tumbuhnya Bakteri

Selain menyegarkan ternyata timun suri juga dapat membantu mencegah pertumbuhan bakteri. Pasalnya, dalam buah ini terkandung alkaloid, flavonoid, saponin, steroid, dan triterpenoid yang dapat melawan bakteri penyebab penyakit.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Agar kamu tetap sehat dan daya tahan tubuh terjaga selama puasa, kamu bisa mengonsumsi timun suri. Dalam timun suri terdapat kandungan vitamin C dan vitamin A yang cukup tinggi. Sehingga dapat mendorong produksi sel darah putih sehingga dapat melindungi tubuh dan membantu melawan infeksi.

Baca Juga: Ini 3 Manfaat Mengonsumsi Semangka yaang Tak Boleh Dilewatlkan

Selain itu, vitamin C yang ada pada timun suri juga bersifat sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas, membantu proses penyerapan zat besi, mengontrol tekanan darah, dan menurunkan kadar asam urat.

4. Mencegah Peradangan

Adanya kandungan vitamin A yang ada pada timun suri juga dapat mencegah terjadinya peradangan dalam tubuh. Vitamin A ini mampu memelihara kesehatan jaringan dalam tubuh sehingga dapat terhindar dari risiko terjadinya peradangan.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat timun suri yang terakhir adalah dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan dalam timun suri terdapat kandungan kalsium dan fosfor.

Kedua kandungan ini diyakini mampu menjaga kesehatan tulang dan gigi serta melancarkan aliran darah. Fosfor juga diyakini dapat membantu menyaring racun di ginjal, dan memperbaiki jaringan sel yang rusak.

Nah, itulah sederet manfaat timun suri bagi kesehatan tubuh. Selain menyegarkan timun suri juga dapat membantu menghidrasi tubuh hingga menjaga kesehatan tulang.

Claudia