blank
Ilustrasi buah semangka yang kaya manfaat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Semangka merupakan tanaman semusim yang termasuk ke dalam keluarga Cucurbitaceae sehingga masih mempunyai hubungan kekerabatan dengan melon (Cucumis melo L.), mentimun (Cucumis sativus L.), labu siam (Sechium edule (Jacq) Sw.), labu air (Lagenaria siceraria (Mol) Standl.), dan waluh (Cucurbita moschata Dutch ex Poir).

Semangka menjadi salah satu buah yang banyak ditemui di Indonesia. Buah semangka memiliki rasa yang segar sehingga cocok dikonsumsi saat musim panas atau dijadikan isian es buah. Selain itu, kandungan air yang banyak yang ada dalam semangka menjadikan buah ini sangat baik untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

Dilansir dari Suara.com, semangka mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Semangka kaya akan vitamin A, vitamin C, karbohidrat dan serat alami yang baik untuk pencernaan. Semangka juga mengandung senyawa likopen, fungsinya adalah untuk membantu memelihara kesehatan jantung.

Baca Juga: Dapat Memperlancar Pencernaan, Ini 6 Manfaat Air Nabeez bagi Kesehatan

Satu porsi cangkir semangka yang dipotong dadu atau sekitar 152 gram mengandung serat sebesar 0,6 gram, gula sebanyak 9,4 gram, karbohidrat total sebanyak 11,5 gram, dan karbohidrat bersih sebesar 10,9 gram.

Mengonsumsi buah semangka dalam ukuran yang pas akan meningkatkan kesehatan tubuh. Melansir dari laman WebMD, ada beberapa manfaat buah semangka yang tidak boleh disepelekan.

1. Meningkatkan Massa Otot

Semangka menjadi sumber asam amino yang dikenal dengan citrulline. Dalam beberapa penelitian, asam amino ini sangat baik untuk memaksimalkan manfaat olahraga dan meningkatkan massa otot. Citrulline bekerja dengan membantu sintesis protein dan melancarkan aliran darah sehingga membuat tubuh lebih segar dan bertenaga. Citrulline banyak terkandung dalam daging putih semangka.

Baca Juga: Ini Manfaat Konsumsi Buah dan Sayur saat Puasa

2. Baik untuk Kekebalan Tubuh

Buah semangka mengandung banyak vitamin dan asam amino yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu, sifat buah semangka sebagai anti-inflamasi berfungsi untuk menghambat peradangan kronis. Mengonsumsi semangka juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas. Seperti yang sudah diketahui, radikal bebas menjadi penyebab berbagai penyakit kronis seperti kanker.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa mengonsumsi ekstrak semangka mampu mengontrol tekanan darah. kandungan air yang tinggi dalam semangka bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat yang menjadi pemicu penyakit jantung. Kolesterol jahat yang menumpuk dalam arteri membuat peredaran darah menjadi tidak lancar. Jika hal ini dibiarkan akan menimbulkan masalah kesehatan yang serius seperti penyakit jantung dan stroke.

Nah, itu dia 3 manfaat buah semangka untuk kesehatan yang perlu kamu tahu. Meskipun memiliki banyak manfaat, buah semangka tetap tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Pilih buah semangka yang segar dan manis untuk bisa mendapatkan rasa buah yang manis dan tentunya bermanfaat meningkatkan kesehatan.

Claudia