blank
Ilustrasi kurma yang identik dengan bulan puasa. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Saat Ramadan, kurma sering dikonsumsi selama bulan puasa. Selain mengonsumsi kurma secara langsung, kamu bisa mencoba membuat air rendaman kurma.

Air nabeez merupakan air rendaman (infused water) kurma atau kismis yang jadi favorit Rasulullah SAW. Air minum ini juga terkenal akan khasiatnya bagi tubuh. Merendam kurma atau jenis buah lain dalam air dapat memecah molekul nutrisi sehingga lebih mudah diserap tubuh.

Tanpa direndam saja, buah kurma memiliki banyak sekali manfaat. Air nabeez sebenarnya mirip dengan infused water pada umumnya, karena air ini juga memakai buah yang direndam dalam air selama semalaman untuk memberikan aroma dan rasa pada air tersebut.

Baca Juga: Benarkah Kurma Muda Bisa Meningkatkan Kesuburan Wanita? Ini Penjelasannya

Dilansir dari Suara.com, air rendaman kurma ini dipercaya dapat membuat tubuh menjadi segar dan berenergi dan juga mengandung berbagai nutrisi yang memiliki banyak manfaat tubuh.

Dilansir Sehatq, berikut beberapa manfaat air nabeez yang berguna untuk kesehatan tubuh:

1. Memperlancar sistem pencernaan

Salah satu buah yang baik untuk sistem pencernaan adalah buah kurma. Begitu juga air rendaman kurma dapat memperlancar sistem pencernaan saat menjalani puasa.

Air nabeez diketahui dapat membantu proses pembuangan sisa metabolisme dari tubuh yang dapat melancarkan sistem pencernaan.

Selain itu air nabeez juga memberikan manfaat yang baik untuk lambung. Air rendaman kurma dapat menetralkan asam lambung sehingga mencegah asam lambung naik saat puasa.

Baca Juga: 15 Manfaat Buah Kurma yang Jarang Diketahui, Kamu Harus Tahu!

2. Membantu proses detoks atau mengeluarkan racun dalam tubuh

Air nabeez ini masuk dalam kategori air detoks. Salah satu metode diet yaitu detoks berguna untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh sehingga membantu meningkatkan kualitas kesehatan.

Manfaat air nabeez mampu mengeluarkan racun dalam tubuh, sama seperti fungsi infused water lain. Membuat air rendaman kurma tidak akan menghilangkan nutrisi pada buah kurma, tapi nutrisi dari buah tersebut akan keluar dan bercampur dengan air matang selama didiamkan semalaman.

3. Mengendalikan kadar gula dalam darah

Meski kurma memiliki rasa yang manis, ternyata kurma tidak memicu naiknya gula darah pada tubuh, karena buah kurma bisa membantu menstabilkan gula darah karena indeks glikemiknya yang rendah. Air rendaman kurma bisa dikonsumsi oleh orang diabetes karena tidak membuat gula darah melonjak secara drastis.

4. Dapat menghidrasi tubuh

Selain air mineral, air nabeez juga memiliki manfaat untuk menghidrasi tubuh dan mencegah tubuh dehidrasi. Minuman ini juga lebih sehat dan memiliki banyak manfaat dibandingkan dengan minuman manis lain, seperti minuman bersoda, jus dalam kemasan, atau teh manis.

Baca Juga: Dapat Mencukupi Asupan Cairan Tubuh, Ini 6 Manfaat Kurma Muda

5. Sebagai sumber minuman beralkali

Tubuh yang memiliki pH asam yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena penyakit kronis seperti kanker dan pengeroposan tulang. Apalagi jika selama berpuasa lambung kosong dalam keadaan cukup lama sehingga bersifat asam.

Oleh karena itu, minum air nabeez dapat membantu menyeimbangkan pH tubuh karena terdapat kandungan alkali di dalamnya. Alkali dalam tubuh dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mengurangi risiko penyakit kronis.

6. Sumber energi untuk tubuh

Air nabeez mampu memberikan manfaat untuk menambah tenaga saat menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini dikarenakan buah kurma sendiri memiliki kandungan kadar gula yang memadai untuk diolah menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, minum air nabeez pada saat sahur bisa membantu memberikan energi tambahan bagi tubuh.

Saat menjalankan puasa di bulan Ramadan, minumlah air nabeez saat sahur dan berbuka untuk membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan meningkatkan kesehatan.

Baca Juga: Cocok Bagi Penderita Asam Lambung, Ini Resep Sari Kurma

Air nabeez aman dikonsumsi setiap hari dan termasuk minuman yang menyehatkan, tapi pastikan air dan buah kurma yang digunakan higenis dan dibuat dengan cara yang benar agar terbebas dari kontaminasi.

Cara membuat air nabeez yang benar yaitu dengan mencampurkan irisan kecil buah kurma ke dalam air matang dan disimpan pada wadah yang tertutup rapat. Kemudian diamkan selama 8-12 jam di dalam kulkas.

Pastikan kamu tidak merendam air nabeez lebih dari sehari dan jangan meminum air rendaman kurma yang sudah direndam selama dua atau tiga hari.

Claudia