blank
Ilustrasi kurma muda yang kaya akan manfaat. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)-Pernahkah Anda mendengar tentang manfaat kurma muda? Mungkin kebanyakan informasi yang beredar saat ini adalah perihal manfaat kurma. Namun ternyata kurma muda juga memiliki banyak sekali manfaat yang bisa menguntungkan untuk tubuh manusia.

kurma muda merupakan kurma segar dan biasanya berwarna kuning, yang juga disebut sebagai kurma rutob. Dibanding kurma berwarna cokelat yang Anda kenal pada umumnya, kurma muda memiliki lebih banyak air dan lebih sedikit mengandung gula sehingga dipercaya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan

Berbagai manfaat ini berasal dari kandungan nutrisinya yang kaya. Jika dirinci, kandungan nilai gizi dalam kurma muda antara lain vitamin A, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, folat, kolin, serat, beta-karoten, vitamin K, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, zinc, mangan, dan juga tembaga.

Baca Juga: Cocok Bagi Penderita Asam Lambung, Ini Resep Sari Kurma

Jelas, manfaatnya akan sangat beragam bukan? yuk simak berikut ini manfaat kurma muda bagi kesehatan

1. Membantu Melancarkan Pencernaan

Dikutip dari Hello Sehat, kurma muda memiliki kandungan serat yang tinggi, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Ketika saluran cerna sehat, maka penyerapan makanan akan lebih optimal dan membuat tubuh juga menjadi sehat.

Serat yang ada pada kurma muda sebagian besar merupakan jenis serat tak larut dalam air, sehingga dapat memicu gerakan kotoran di dalam usus dan hasilnya feses mudah keluar.

2. Asupan Cairan Tubuh

Konsumsi kurma muda secara rutin juga dapat membantu Anda mencukupi asupan cairan tubuh setiap hari. Dengan asupan cairan harian yang tercukupi, tubuh akan dapat berfungsi dengan baik sehingga setiap organ di dalamnya juga dapat bekerja sesuai tugasnya.

Baca Juga: Kurma Jadi Salah Satu Pilihan, Inilah 4 Rekomendasi Menu Berbuka Puasa Bagi Penderita Maag

Suhu tubuh akan menjadi seimbang, tekanan darah akan stabil, kadar elektrolit akan diseimbangkan, hingga stabilitas detak jantung, semua bisa diperoleh ketika tubuh cukup terhidrasi setiap hari.

3. Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kurma muda memiliki sifat antioksidan yang baik untuk daya tahan tubuh. Bahkan jika dibandingkan, kurma jenis ini memiliki lebih banyak kandungan antioksidan daripada kurma yang sudah dikeringkan. Ini mengapa, konsumsi rutinnya dapat membantu menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Tidak berhenti disitu saja, kandungan vitamin B6 yang ada di dalamnya juga dapat membantu meningkatkan protein khusus dan sel darah putih, sehingga antibodi yang dimiliki tubuh dapat bekerja dengan baik untuk melawan infeksi virus dan bakteri.

4. Untuk Kesehatan Tulang

Kandungan berbagai jenis mineral yang ada di dalamnya juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Kalsium dan magnesium akan menjadi kandungan paling berperan dalam hal ini, karena keduanya dapat meningkatkan kepadatan tulang.

Baca Juga: Banyak Diminati, Ini 5 Rekomendasi Kurma yang Paling Populer di Indonesia

5. Menstabilkan Gula Darah

Kurma muda mengandung gula yang lebih sedikit ketimbang kurma tua. Sehingga bagi Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes, kurma muda bisa jadi pilihan tepat untuk membantu menstabilkan gula darah.

6. Membantu Melancarkan Persalinan

Dalam sebuah penelitian yang terbit di BMC Pregnancy and Birth, makan kurma muda saat hamil tua dilaporkan dapat membantu persalinan lebih mudah. Kurma muda diketahui mempromosikan pelebaran serviks dan menurunkan kebutuhan untuk persalinan yang diinduksi. Di sisi lain, mampu meniru aksi oksitosin dan membawa kontraksi alami otot rahim selama persalinan.

Itu tadi sedikitnya 4 manfaat kurma muda untuk kesehatan tubuh. Tertarik mencobanya?

Claudia