Kurma Ajwa jadi salah satu kurma yang populer di Indonesia. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Tak terasa kita telah menunaikan ibadah puasa Ramadan selama beberapa hari. Selama menjalani puasa Ramadan, kita tidak akan terlepas dari buah kurma. Buah yang berwarna coklat ini banyak didatangkan dari negara-negara timur tengah bahkan Amerika.

Selain karena rasanya yang manis dan unik, buah kurma banyak diburu karena banyaknya khasiat yang dikandungnya. Khasiat tersebut antara lain memasok asupan karbohidrat dan memperkuat daya tahan tubuh, memperbaiki pencernaan, menjaga lambung dari penyakit maag, dan berbagai manfaat lainnya.

Dilansir dari Suara.com sebelum memutuskan membeli buah satu ini, ada baiknya kamu mengetahui apa saja jenis kurma yang bisa jadi rekomendasi sebelum membeli. Berikut lima macam jenis kurma yang wajib kamu ketahui!

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Rutin Mengonsumsi Kurma Bagi Kesehatan Kulit

1. Kurma Ajwa

Jenis kurma satu ini paling banyak di buru lantaran rasanya yang khas manis dengan tekstur lembut saat digigit dan sering dijuluki dengan istilah kurma nabi. Kurma ini dekanal memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan otak, cocok untuk penderita diabetes dan mengandung banyak antioksidan.

2. Kurma sukari

Kurma sukari memiliki tekstur yang lembut dan manis legit. Kurma ini terkenal sebagai salah satu hidangan andalan di kerajaan-keajaan Arab. Manfaat utama buah ini adalah menambah energi dan mengandung banyak antioksidan.

3. Kurma Bhari

Kurma ini berasal dari daratan Timur Tengah dan Afrika Utara. Teksturnya yang lembut dengan kulit yang relatif tipis menjadikan kurma ini terasa sangat nikmat di mulut. Untuk ukurannya, kurma satu ini terbilang cukup mungil jika dibanding dengan jenis kurma lainnya.

Baca Juga: Selain Mengatasi Anemia, Ini 4 Manfaat Kurma Bagi Ibu Hamil

4. Kurma deglet noor

Jenis kurma satu ini berwarna lebih cerah daripada kurma lainnya. Warnanya agak terang dengan campuran kekuning-kuningan. Kurma ini sangat baik untuk kesehatan usus dan membantu meningkatkan kesuburan.

5. Kurma Medjool

Kurma medjool berasal dari Timur Tengah, Amerika dan Afrika ini cukup banyak diburu oleh masyarakat Indonesia. Kurma ini dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung dan memiliki kandungan antioksidan yang sangat kaya.

Itu dia lima jenis kurma yang wajib kamu ketahui. Kamu bisa mempertimbangkan ingin membeli yang manakah yang sesuai dengan seleramu.

Claudia