blank
Ilustrasi buah kurma. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kurma merupakan salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah ini mengandung banyak kalori, serat, antioksidan, beberapa jenis vitamin, dan mineral yang dapat membantu mencukupi nutrisi ibu hamil.

Saat ibu tengah hamil bisa mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Salah satunya adalah buah kurma yang telah terbukti dalam penelitian oleh beberapa ahli. Hasilnya adalah dengan rutin mengonsumsi buah kurma pada jumlah porsi yang telah ditentukan dapat mengurangi induksi saat proses persalinan.

Buah kurma mengandung sekitar 696 miligram kalium dalam porsi 100 gram (sekitar 4 buah kurma). Manfaat lain dari kurma untuk ibu hamil adalah memenuhi kebutuhan folat atau vitamin B9. Folat adalah nutrisi penting selama kehamilan karena mencegah cacat lahir yang serius seperti spina bifida.

Baca Juga: Identik dengan Puasa, 3 Alasan Kurma Menjadi Makanan Wajib di Bulan Ramadan

Selain itu dalam buah kurma juga terkandung beberapa zat di antaranya kalium, tembaga, mangan dan magnesium. Dilansir dari Suara.com, berikut ini adalah manfaat buah kurma bagi ibu hamil:

1. Baik dalam Merangsang Saraf

Seperti yang telah disebutkan tadi bahwa buah kurma ini mengandung kalium yang mempunyai manfaat dalam meningkatkan rangsang pada saraf.

Oleh karena itu, dengan mengonsumsi kurma secara rutin hal ini meningkatkan kecerdasan otak dan mempertajam daya ingat. Sehingga buah kurma ini sangat baik dalam menutrisi janin yang terdapat dalam kandungan ibu hamil.

2. Membantu dalam Pembentukan Gigi

Tidak hanya bisa memperkuat tulang, buah kurma juga dapat membantu pembentukan gigi pada janin. Pasalnya, dalam buah kurma terkandung zat kalsium yang dapat merangsang proses pertumbuhan gigi pada janin ibu hamil.

Baca Juga: Jadi Kombinasi Yang Pas! Yuk Simak 5 Manfaat Madu dan Kurma yang Baik bagi Tubuh

3.Dapat Mengatasi Anemia

Dalam buah kurma mengandung gula alami yang dapat dijadikan energi selain itu juga bisa mengatasi anemia. Seperti yang diketahui bahwa kekurangan darah atau anemia bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Akan tetapi, gejala anemia ini dapat diatasi dengan cara menambahkan asupan gula misalnya dalam buah kurma ini yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil.

4. Dapat Memberikan Energi

Salah satu manfaat buah kurma bagi ibu hamil adalah mampu menambah energi. Hal ini karena saat hamil ibu membutuhkan banyak energi dan bisa diperoleh dengan cara makan buah kurma. Pasalnya, buah kurma mengandung glukosa yang baik bagi tubuh dan memberikan energi pada tubuh yang sedang beraktivitas.

Nah itulah tadi, empat manfaat buah kurma bagi ibu hamil. Semoga bermanfaat.

Claudia