blank
Ilustrasi kurma yang identik dengan bulan puasa. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kamu yang menjalankan puasa bulan Ramadan tentu sudah tak asing lagi mengonsumsi kurma setiap berbuka puasa. Bisa dikatakan kurma merupakan salah satu makanan wajib yang harus ada dalam menu berbuka puasa.

Ketika berbuka puasa, dianjurkan untuk berbuka dengan yang manis-manis, contohnya buah-buahan. Buah kurma pun salah satu buah yang dianjurkan untuk disantap saat berbuka tiba.

Apalagi di Indonesia kurma menjadi tradisi Ramadan yang selalu ada. Kurma bisa dinikmati dan bisa dijadikan olahan menu buka puasa yang menyegarkan.

Baca Juga: Dapat Meningkatkan Kesehatan Tulang, 4 Khasiat Kurma Bagi Kesehatan

Dilansir dari Suara.com, selain memang disunahkan dan dianjurkan oleh Rasulullah SAW dan menjadi salah satu tradisi Ramadan, ada beberapa alasan kurma dijadikan santapan wajib saat berbuka. Apa saja alasannya?

1. Sumber Energi

Kurma mengandung karbohidrat kompleks yang gampang dicerna dan diubah menjadi energi, jadi bisa digunakan untuk mengganti energi yang berkurang setelah seharian berpuasa.

Saat kamu berpuasa yang cukup lama, kadar glukosa dalam tubuh menjadi menurun, sehingga berbuka dengan kurma dapat membantu meningkatkan kadar glukosa dan membantu saluran pencernaan untuk memulai bekerja kembali setelah puasa seharian.

2. Memperbaiki Pencernaan

Orang berpuasa biasanya mengalami gangguan pencernaan. Sementara kurma kaya akan serat dan mudah dicerna oleh tubuh, sehingga dapat membantu memperbaiki saluran pencernaan. Mencegah sembelit dan menjaga usus besar tetap sehat.

Baca Juga: Jarang Diketahui! 6 Fakta Unik Buah Kurma yang Kaya Manfaat

Makanan tinggi serat juga bisa membantu perut kenyang lebih lama, oleh karena itu kurma tidak hanya baik dikonsumsi saat berbuka tapi juga saat sahur. Megonsumsi kurma saat berbuka dapat membantu saluran pencernaan mengaktifkan enzim dalam tubuh agar dapat bekerja setelah seharian berpuasa.

3. Kaya Nutrisi

Kurma dilaporkan memiliki segudang nutrisi dang sangat baik untuk kesehatan. Kurma mengandung karbohidrat, protein, serat dan berbagai jenis mineral dan vitamin yang baik untuk tubuh. Dua buah kurma yang dikonsumsi mengandung karbohidrat yang setara dengan 12 persen konsumsi harian manusia.

Berbagai macam mineral dan vitamin yang terkandung dalam kurma dapat membantu menguatkan tulang, meningkatkan imunitas. Nutrisi dalam kurma juga berperan menjadi pemasok energi bagi sel-sel saraf sehingga dapat membantu meningkatkan kesehatan otak.

Nah, ada banyak manfaat dari mengonsumi kurma saat berbuka maupun sahur, ya. Semoga bermanfaat.

Claudia