blank
Ilstrasi kurma yang baik untuk kesehatan tulang. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kurma. Buah kurma yang berasal dari Arab ini memiliki citarasa yang manis legit menjadi buah yang sangat dicari ketika bulan ramadan datang.

Buah kurma atau yang dikenal dengan nama lain Phoenix dactylifera L merupakan salah satu jenis tumbuhan palem yang buahnya memiliki rasa manis sehingga dapat dikonsumsi oleh banyak orang

Kandungan dalam buah kurma dapat mengembalikan energi dan mengganti elektrolit yang hilang selama berpuasa. Buah kurma mengandung potassium atau kalium. Manfaat potassium atau kalium adalah untuk mengontrol detak jantung, fungsi otak, mengurangi rasa lelah setelah beraktivitas.

Baca Juga: Kaya Serat dan Manfaat, Yuk Simak 4 Tips Menyimpan Kurma yang Benar

Dilanisr dari Suara.com tapi, kalian sudah tahu belum manfaat buah kurma itu sendiri? Berikut 4 khasiat kurma untuk kesehatan.

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Buah kurma mempunyai kandungan selenium, mangan, tembaga, serta magnesium yang berganu menjaga kesehatan tulang. Semua zat tersebut berpotensi untuk mencegah osteoporosis.

2. Menangkal radikal bebas

Buah kurma merupakan salah satu makanan dengan nutrisi tinggi dan banyak mengandung antioksidan alami seperti fenolik dan flavonoid. Dua kandungan tersebut berperan penting dalam menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini dan beberapa penyakit kronis lain seperti jantung dan kanker.

3. Meningkatkan energi

Kandungan gula alami yang ada di dalam kurma sepeti glukosa dan fruktosa, bisa diserap dengan cepat oleh usus untuk diubah menjadi sumber energi sel-sel tubuh. Maka dari itu kurma menjadi buah yang cocok untuk dikonsumsi dipagi hari atau saat berolahraga.

4. Membantu kadar gula darah

Kurma dianggap bisa membantu mengontrol gula darah. Kandungan serat yang tinggi dan antioksidan di dalam buah kurma dipercaya bisa membantu kadar gula darah menjadi lebih terkontrol.

Itulah empat khasiat dari ribuan manfaat kurma lainnya yang penulis bagikan di tulisan kali ini. Kamu? Sudah siapin kurma di rumah juga belum?

Claudia