blank
ilustrasi kurma. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Menjalankan ibadah puasa merupakan kewajiban bagi seluruh umat muslim. Berpuasa bagi sebagian orang mungkin cukup membuat cemas karena mengidap penyakit asam lambung.

Tak menutup kemungkinan bagi penderita asam lambung akan merasa kurang nyaman dan bisa mengganggu aktifitas ketika menjalani ibadah puasa.

Dilansir dari Suara.com, faktor pemicu asam lambung kambuh saat puasa pun beragam. Mulai dari jenis makanan tertentu yang dikonsumsi, langsung tidur setelah makan, dan kebiasaan tak sehat lainnya.

Baca Juga:Ini Tips Diet saat Puasa yang Harus Kamu Coba

Makanan yang harus dihindari penderita asam lambung meliputi makanan pedas, berlemak, tinggi kandungan asam dan makanan cepat saji.

Buah kurma ternyata sangat ramah khususnya bagi penderita asam lambung. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi pada buah kurma mampu meredakan gejala asam lambung.

Melansir dari laman Alodokter, buah kurma mengandung asam yang rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi dan tidak akan memicu kenaikan asam lambung. Serta kandungan tinggi serat pada buah kurma dapat membantu gejala asam lambung naik.

Lantaran serat bisa mengencangkan gerakan otot di saluran pencernaan, sehingga mampu mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Baca Juga: Selain Mengurangi Garam, Simak 3 Tips Agar Tidak Dehidrasi Saat Puasa

Nah, untuk lebih memudahkan dalam mengonsumsi buah kurma, Anda juga bisa membuat sari kurma agar lebih tahan lama.

Sari kurma merupakan sumber makanan yang bersifat alkalin atau basa, sehingga aman untuk dikonsumsi penderita asam lambung. Tentunya berkat berbagai nutrisi di dalamnya seperti serat, kalium dan magnesium.

Anda bisa membuat sari kurma sendiri di rumah, sehingga lebih higienis dan terhindar dari bahan pengawet. Berikut ini resep membuat sari kurma:

1. Siapkan 500 gram air dan 800 ml air.
2. Panaskan air lalu rendam kurma selama 8 jam atau semalaman.
3. Setelah direndam, pisahkan daging kurma dari bijinya lalu blender bersamaan air rendamannya.

Baca Juga: Sering Dijadikan Campuran Saat Berbuka Puasa, Intip 6 Manfaat Blewah bagi Kesehatan

4. Saring kurma yang sudah diblender minimal 3 kali atau sampai benar-benar tidak ada ampasnya.
5. Setelah sarinya benar-benar bersih tanpa ampas, masak selama 10-15 menit sampai tanak.
6. Angkat dan dinginkan, kemudian simpan di dalam wadah tertutup.

Meskipun sari kurma mampu meredakan gejala asam lambung, sari kurma tidak bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasinya. Jadi, bijaklah dalam mengonsumsi ini.

Claudia