blank
Ilustrasi. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Pada saat ini seluruh umat Muslim di dunia sedang memasuki bulan Ramadan. Di bulan penuh berkah tersebut setiap umat islam diwajibkan untuk menunaikan ibadah puasa dari terbit hingga menjelang terbenamnya matahari bagi yang mampu.

Berpuasa tersebut termasuk tidak makan maupun minum selama kurun waktu tersebut. Tentunya selama berpuasa asupan makanan dan air setiap orang akan berubah dari waktu normal.

Mungkin bagi mayoritas orang cukup mudah untuk menahan rasa lapar selama kurang lebih 12 jam sehari. Namun, lain hal jika seseorang dalam menahan rasa haus dalam kurun waktu yang cukup lama.

Baca Juga: Sering Dijadikan Campuran Saat Berbuka Puasa, Intip 6 Manfaat Blewah bagi Kesehatan

Belum lagi apabila aktivitas harian yang dilakukan masing-masing orang cukup menguras cadangan air dalam diri. Dilansir dari Suara.com, berikut adalah beberapa tips bagi kamu agar tidak mudah merasa haus atau dehidrasi saat melakukan ibadah puasa.

1. Menggunakan Aturan 2-4-2 dalam Mengkonsumi Air

Hal yang paling penting agar kamu tidak mudah dehidrasi saat berpuasa adalah memperhatikan jumlah konsumsi air harian. Melansir dari situs Halodoc, seseorang dianjurkan mengkonsumsi air selama sehari setidaknya 8 gelas.

Hal ini, untuk menyeimbangkan metabolisme dalam tubuh sekaligus menjaga asupan air dalam tubuh seseorang. Selama berpuasa tentunya kamu tidak akan dapat mengkonsumsi air selama kurang lebih 12 jam.

Lalu bagaimanakah agar konsumsi air harianmu dapat tetap tercukupi meski sedang berpuasa? kamu dapat menggunakan aturan 2-4-2. Cara ini seringkali dianjurkan agar konsumsi dan asupan airmu dapat tetap terpenuhi selama berpuasa.

Baca Juga: Kurma Jadi Salah Satu Pilihan, Inilah 4 Rekomendasi Menu Berbuka Puasa Bagi Penderita Maag

Maksud dari aturan ini adalah kamu dianjurkan meminum 2 gelas air ketika berbuka, 4 gelas air selama jeda waktu antara berbuka hingga menjelang sahur dan 2 gelas ketika melakukan santap sahur. Dengan cara tersebut dijamin asupan air harianmu ketika berpuasa akan tetap terpenuhi dan mengurangi resiko dehidrasi ketika sedang berpuasa.

2. Mengurangi Konsumsi Makanan yang Mengandung Garam Berlebih

Salah satu tips agar tidak mudah dehidrasi ketika berpuasa adalah dengan mengurangi konsumsi makanan yang mengandung garam berlebih, khususnya ketika melakukan santap sahur. Melansir dari situs Fimela, konsumsi makanan yang mengandung kadar garam yang cukup tinggi rawan untuk meningkatkan kadar dehidrasi dalam tubuh seseorang.

Hal ini, dikarenakan garam memiliki kemampuan untuk mengikat air dalam tubuh. Salah satu makanan yang memiliki kadar garam yang cukup tinggi adalah berbagai jenis gorengan atau makanan lainnya. Sebisa mungkin kamu menghindari mengkonsumsinya ketika sedang berpuasa.

Baca Juga: Tips Agar Bibir Kamu Tidak Kering Selama Puasa, Simak yuk..

3. Memperbanyak Konsumsi Buah dan Sayur

Salah satu cara untuk mendapatkan asupan air yang cukup selama berpuasa selain minum adalah dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan memang terkenal memiliki kandungan air yang cukup tinggi yang dapat menjadi salah satu sumber asupan air bagi seseorang.

Beberapa contoh sayuran yang dikenal memiliki banyak kandungan air seperti tomat, mentimu dan beberapa sayuran hijau. Kamu juga bisa mengkonsumsi beberapa buah yang dikenal memiliki kandungan air yang tinggi seperti semangka, melon, jeruk dan beberapa buah lainnya.

Selain itu, memperbanyak konsumsi buah dan sayur juga dapat menunda lapar lebih lama karena kandungan serat dalam bahan makanan tersebut yang cukup tinggi. Kamu dapat mengkonsumsi buah dan sayuran tersebut secara langsung atau diolah terlebih dahulu.

Baca Juga: Mau Berbuka Puasa yang Segar dan Sehat? Ini Resep Smothies Buah Naga

Namun, yang perlu diperhatikan dalam pengolahan buah dan sayuran tersebut usahakan dilakukan secara baik dan benar sehingga tidak merusak buah dan membuang kandungan airnya.

Nah, itulah beberapa tips dan trik dalam mengkonsumsi asupan air harian ketika berpuasa. Tentunya dengan beberapa cara tersebut kamu dapat tetap mendapatkan cukup asupan air sembari menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Claudia