blank
Ilustrasi manfaat air kelapa untuk ibu hamil. Foto: Dok/Halodoc

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Apakah air kelapa baik dikonsumsi untuk ibu hamil? Air kelapa merupakan minuman sehat yang baik untuk dikonsumsi, termasuk selama kehamilan.

Tidak hanya bisa melepas dahaga, minuman bernutrisi ini juga bisa memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya untuk ibu hamil. Selama masa kehamilan, ibu dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang bernutrisi demi mendukung kesehatan ibu dan bayi.

Salah satu minuman yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil adalah air kelapa. Manfaat air kelapa dikenal banyak sekali untuk kesehatan ibu hamil. Air kelapa merupakan salah satu minuman favorit banyak orang untuk melepas dahaga.

Dilansir dari Halodoc, minuman segar dan enak tersebut dikonsumsi sehabis berolahraga atau saat cuaca sedang panas. Namun, selain bisa melepas dahaga, masih ada banyak manfaat air kelapa lainnya, karena minuman ini mengandung banyak nutrisi. Itulah mengapa air kelapa baik dikonsumsi oleh siapa saja dan kapan saja, termasuk oleh ibu hamil.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Meskipun manfaatnya masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tetapi minuman yang satu ini memang mengandung beberapa nutrisi penting yang bisa memberikan manfaat untuk ibu hamil.

1. Menghidrasi tubuh
95 persen kandungan air kelapa adalah air murni. Jadi, air kelapa bisa menjadi salah satu pilihan minuman selama masa kehamilan untuk menghidrasi tubuh. Selain bisa memenuhi kebutuhan cairan ibu hamil, manfaat air kelapa juga bisa untuk memberikan elektrolit bagi tubuh ibu.

2. Mengganti elektrolit yang hilang akibat morning sickness
Morning sickness merupakan masalah yang sering dialami ibu hamil. Hal itu bisa menurunkan kadar elektrolit dalam tubuh ibu secara signifikan. Air kelapa mengandung elektrolit esensial, seperti kalium, natrium, dan magnesium, sehingga bisa menggantikan elektrolit yang hilang agar sistem tubuh ibu hamil tetap stabil.

3. Baik untuk perkembangan janin
Tidak hanya untuk ibu hamil, manfaat air kelapa juga baik untuk janin karena mengandung mineral yang penting untuk tumbuh kembangnya.

4. Mencegah infeksi saluran kemih
Manfaat air kelapa juga dipercaya bisa mencegah infeksi saluran kemih pada ibu hamil. Hal itu karena minuman tersebut bisa membantu membersihkan saluran dan kandung kemih.

Itu tadi manfaat air kelapa untuk ibu hamil, dan baik untuk perkembangan janin. Semoga bermanfaat!

Ning S