blank
PENGHARGAAN - Wali Kota Tegal, Dedy Yon menerima penghargaan Kategori Top Pembina BUMD 2023. (Foto: Istimewa)

TEGAL (SUARABARU.ID) – Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono, menerima penghargaan kategori Top Pembina Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) 2023 dari Majalah Keuangan Top Business di Dian Ballroom Hotel Raffles Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (5/4/2023).

blank

Penghargaan tersebut atas penilaian yang dilakukan dan penentuan pemenang ajang corporate rating Top BUMD 2023 yang dilakukan berdasarkan wawancara dan penjurian.

Ketua Penyelenggara Top BUMD Awards 2023, M Lutfi Handayani menyampaikan, bahwa pemberian penghargaan ini mendorong BUMD untuk meningkatkan peran dan kontribusinya dalam melakukan pembangunan di daerahnya.

Peran penting tersebut di antaranya meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan membuka lapangan kerja dan mampu menyerap tenaga kerja.

Walikota Tegal, Dedy Yon Supriyono menyampaikan, terimakasih kepada majalah Top Business yang mempercayakan Kota Tegal mendapatkan Top Awards 2023. Ia juga mengapresiasi PD BPR Bank Pasar sehingga penghargaan ini pantas dan patut untuk diberikan. “Saya berharap prestasi ini bisa dipertahankan dan ke depan harus lebih baik lagi,” harap Dedy Yon.

Dewan Pengawas sekaligus mantan Plt Direktur PD BPR Bank Pasar Kota Tegal, Mohammad IIyas menyampaikan bahwa PD BPR Bank Pasar Kota Tegal sebelum Tahun 2020 tidak mencatatkan laba dan semenjak 2020 PD BPR Bank Pasar Kota Tegal sampai Tahun 2022 berhasil mencatatkan laba.

Sampai pada tahun 2022 manajemen PD BPR Pasar Kota Tegal mendapat penghargaan dua kategori, Penghargaan terkait Kinerja Keuangan, dan Kategori Kinerja Pelayanan. Penghargaan tersebut berdasarkan capaian rating laba.

Ilyas menjelaskan capaian tersebut merupakan hasil, revitalisasi yang diinisiasi Wali Kota Tegal, H. Dedy Yon Supriyono. “Jadi managemen sudah diperbaiki, lembaganya sudah diperbaiki lewat Perda serta penambahan modal. Tiga faktor inilah yang memberikan perbuahan besar PD. BPR. Bank Pasar,” ujar Ilyas.

Direktur Utama PD BPR Bank Pasar Kota Tegal, Mochammad Yusuf yang hadir mendampingi Walikota Tegal menyampaikan, terimakasih kepada Walikota Tegal selaku kuasa pemegang modal yang telah memberikan support dan pembinaan selama ini sehingga PD BPR Bank Pasar Kota Tegal, dapat berpartisipasi ikut meningkatkan pendapatan dan permodalan UMKM Kota Tegal.

Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Tegal, Kelik Haryono yang hadir dalam acara tersebut, menyampaikan bahwa, semenjak adanya perombakan di PD. BPR Bank Pasar memang ada perubahan signifikan perolehan laba dari tahun-tahun sebelumnya.

Kelik menambahkan bahwa sesuai dengan PP 54 Tahun 2017, selain perubahan bentuk Lembaga Keuangan, perubahan bentuk dari Perusahaan Daerah ke Perseroan Daerah maka penambahan Modal nantinya akan ditambahkan Rp 30 miliar, sehingga total modal BPR Bank Pasar ada Rp 40 miliar.

Sutrisno