blank
ilustrasi jintan hitam. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Bahan herbal alam merupakan bahan obat atau obat jadi yang bahan bakunya berasal dari bahan alam seperti tumbuhan, hewan, atau mineral. Termasuk didalamnya jamu, obat tradisional dan fitofarmaka.

Saat menjalani puasa banyak orang mengalami sakit karena daya tahan tubuh yang menurun. Sebagai contoh biasanya jadi mudah terkena penyakit flu. Hal tersebut bisa saja terjadi karena saat puasa terjadi perubahan pola makan serta pola tidur yang mengakibatkan daya tahan tubuh juga menurun.

Lantas, bagaimana agar daya tubuh menjadi kuat walau ketika berpuasa? Dilansir dari hellosehat.com untuk menyiasatinya bisa mengonsumsi herbal alami agar daya tahan tubuh menjadi kuat walau berpuasa.

Dilansir dari Suara.com, diantara herbal alami yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh selama puasa adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Tips Diet Sehat Ketika Berpuasa

1. Habbatussauda

Habbatussauda atau jinten hitam bisa menjadi salah satu opsi herbal alami yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Ada banyak penelitian yang menyebutkan jika habbatussauda bisa membantu memaksimalkan produksi sel darah putih.

Sehingga bisa membuat daya tahan tubuh menjadi meningkat. Tak hanya itu saja, habbatussauda juga memiliki antioksidan dan terbukti memiliki khasiat anti kanker, anti diabetes, serta anti peradangan.

2. Kunyit

Bukan rahasia lagi jika kunyit memiliki beragam manfaat sejak dahulu. Hal tersebut juga membuat kunyit menjadi herbal yang tak kalah ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama puasa.

Herbal kunyit bekerja dengan meningkatkan produksi sel darah putih yang berfungsi untuk melawan segala jenis bakteri maupun virus. Hal tersebut sangat penting terutama saat berpuasa terjadi pola makan serta tidur yang bisa berakibat melemahnya pertahanan tubuh.

Baca Juga: Ini 3 Alasan Mengapa Tidak Dianjurkan Langsung Makan Berat Ketika Berbuka Puasa

Selain bisa menjaga daya tahan tubuh, herbal kunyit juga baik untuk kesehatan pencernaan. Mengonsumsi kunyit bisa bisa membantu untuk mengatasi permasalahan pencernaan seperti diare atau luka pada saluran pencernaan.

3. Kulit manggis

Tak hanya buahnya yang nikmat untuk disantap, kulit manggis juga termasuk salah satu herbal alami yang memiliki banyak khasiat. Kulit manggis berkhasiat untuk meningkatkan kekebalan pada tubuh untuk melawan penyakit.

Sehingga selama menjalani puasa jadi tidak mudah sakit. Selain itu, kulit manggis mampu menjaga kesehatan kulit. Herbal ini mampu mencegah kulit kering selama puasa karena tubuh kekurangan cairan.

Itulah beberapa herbal alami yang dapat dikonsumsi untuk kekebalan tubuh terhadap penyakit sehingga jadi tak mudah sakit menjalani ibadah puasa, dan pastinya membuat puasa menjadi lancar.

Claudia