Ilustrasi buah kurma. Foto: Pexels

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Buah kurma merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak serat dan karbohidrat kompleks. Dengan kandungan serat yang cukup tinggi, buah kurma bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan membantu mengatasi serta mencegah sembelit.

Buah kurma jadi salah satu buah yang amat erat kaitannya dengan bulan Ramadan. Buah ini sering tersaji di atas meja makan terlebih saat buka puasa. Kurma memiliki rasa yang manis dan legit.

Selain itu, buah ini juga kaya akan manfaat yang sangat baik dikonsumsi untuk menunjang kesehatan selama berpuasa. Dilansir dari Suara.com, buah kurma juga sangat awet meski disimpan selama berbulan-bulan.

Baca Juga: Tips Memilih Kurma yang Berkualitas

Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan buah kurma akan kedaluwarsa dan harus dibuang. Dilansir dari laman thekitchn.com, ada beberapa tanda buah kurma yang sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

1. Berubah Warna

Buah kurma yang sudah tidak layak dikonsumsi dapat dikenali dengan adanya perubahan warna pada kurma. Biasanya kurma akan berubah menjadi lebih gelap pada bagian luarnya.

Kurma yang terlalu lama disimpan juga tidak menutup kemungkinan akan ditumbuhi jamur dan bercak berwarna putih. Apabila ditemukan perubahan warna pada kurma, segera buang karena itu menandakan kurma sudah kadaluarsa.

2. Bertekstur Keras

Kurma kering memang memiliki tekstur yang lebih keras. Tetapi jika kurma sudah sangat keras, itu menandakan kurma sudah terlalu lama dan tidak boleh dimakan. Selain karena rasanya sudah tidak enak, kurma yang terlalu keras juga dapat menimbulkan masalah kesehatan.

Baca Juga: 5 Buah-buahan Pengganti Kurma saat Berbuka Puasa, Apa Saja?

3. Memiliki Aroma yang Tidak Sedap

Pada umunya, buah kurma memang tidak memiliki aroma yang cukup kuat. Tetapi ada kemungkinan kurma yang sudah tidak layak dikonsumsi memiliki bau yang menyengat.

Kurma yang memiliki bau tidak sedap ini sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi dan segera buang. Hal ini menandakan buah kurma sudah busuk dan dipenuhi bakteri yang bisa memicu masalah kesehatan.

4. Ada Serangga dalam Kurma

Apabila ditemukan hewan seperti ulat atau serangga lain dalam kurma, itu menandakan buah kurma sudah tidak layak dimakan.

Biasanya serangga tersebut bersembunyi di dalam kurma. Hal ini dapat dilihat pada bagian luar kurma yang terdapat bintik cokelat atau seperti serbuk gergaji. Sebaiknya hindari memakan kurma yang sudah seperti ini.

Nah, itu dia 4 tanda kurma sudah tidak layak dikonsumsi. Untuk menghindari hal tersebut, hindari menyimpan buah kurma terlalu lama.

Claudia